Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Harga Tandan Buah Segar Sawit Anjlok, CORE: Pemerintah Bisa Berikan Subsidi ke Petani Sawit

Harga tandan buah segar (TBS) petani sawit anjlok di pasaran. pemerintah disarankan menggelontorkan subsidi ke petani sawit.

Penulis: Dennis Destryawan
Editor: Sanusi
zoom-in Harga Tandan Buah Segar Sawit Anjlok, CORE: Pemerintah Bisa Berikan Subsidi ke Petani Sawit
Utusan Digital
Harga tandan buah segar (TBS) petani sawit anjlok di pasaran. Direktur Eksekutif Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Mohammad Faisal menyarankan agar pemerintah menggelontorkan subsidi ke petani sawit. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Dennis Destryawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Harga tandan buah segar (TBS) petani sawit anjlok di pasaran.

Direktur Eksekutif Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Mohammad Faisal menyarankan agar pemerintah menggelontorkan subsidi ke petani sawit.




"Menurut saya salah satu yang bisa dipertimbangkan untuk mengatasi masalah ini adalah subsidi," ujar Faisal saat dihubungi, Selasa (5/7/2022).

Faisal berujar, selama ini konsumen diberikan subsidi melalui dana yang diambil dari Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS).

Baca juga: BUMN Diminta Bangun Pabrik Pengolahan Sawit untuk Jaga Stabilitas Harga TBS Petani

"Nah semestinya hal yang sama juga dapat diberikan kepada petani. Tapi sifatnya temporer dalam artian sampai masalah harga ini bisa diatasi," kata Faisal.

Faisal melihat pemerintah bisa melakukan kajian lebih lanjut mengenai subsidi kepada petani. Apalagi, di tengah kondisi harga beli yang tengah anjlok.

BERITA TERKAIT

Selain itu, ucap Faisal, yang perlu dipastikan adalah memaksimalkan penyerapan pabrik kelapa sawit (PKS) oleh para perusahaan-perusahaan pengolah kelapa sawit.

Baca juga: CORE Ungkap Alasan Harga TBS Sawit Anjlok Tapi Harga Minyak Goreng Belum Turun

"Kan' sudah diberikan izin untuk ekspor kembali itu semestinya konsekuensinya mereka harus menyerap bahan baku dari petani dengan harga yang juga tinggi mestinya itu juga. Harus ada dua mekanisme itu penting untuk dipertimbangkan," terang Faisal.

Sebelumnya, Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) mencatat harga TBS masih anjlok sehingga membuat banyak petani sawit panik.

Tercatat per 2 Juli 2022 harga TBS di Kalimantan Barat hanya Rp 1.050 per kilogram. Sedangkan di Riau, TBS dibandrol Rp 1000 per kilogram. Sementara di Sumatera Utara harganya lebih rendah, yaitu Rp 950 per kilogram.

Anggota DPR Minta Pemerintah Izinkan Petani Sawit Ekspor Tandan Buah Segar

Anggota Komisi VII DPR RI Mulyanto, meminta Pemerintah mengizinkan petani sawit untuk ekspor Tandan Buah Segar (TBS).

Hal tersebut dilontarkan Mulyanto untuk menanggapi maraknya aksi jual oleh petani sawit ke Malaysia.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas