Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Idea Indonesia Alokasikan Rp 730,96 Juta Sebagai Laba Ditahan

Perseroan sudah lebih dahulu membagikan dividen pada Tahun Buku 2020 sebesar Rp 9 miliar dari laba bersih yang diperoleh.

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Idea Indonesia Alokasikan Rp 730,96 Juta Sebagai Laba Ditahan
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Ilustrasi. PT Idea Indonesia Akademi Tbk (IDEA) memutuskan untuk mengalokasikan laba bersih Tahun Buku 2021 sebesar Rp 730,96 juta sebagai laba ditahan (retained earnings) dan belum akan membagikan dividen kepada pemegang saham. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Dennis Destryawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- PT Idea Indonesia Akademi Tbk (IDEA) memutuskan untuk mengalokasikan laba bersih Tahun Buku 2021 sebesar Rp 730,96 juta sebagai laba ditahan (retained earnings) dan belum akan membagikan dividen kepada pemegang saham.

Direktur Utama IDEA Eko Desriyanto menerangkan, perseroan sudah lebih dahulu membagikan dividen pada Tahun Buku 2020 sebesar Rp 9 miliar dari laba bersih yang diperoleh.

Keputusan itu disetujui dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang digelar secara virtual pada Kamis (28/7/2022) yang diakhiri dengan Paparan Publik.

Baca juga: Sillo Maritime Perdana Raup Laba Bersih 20,70 Juta Dolar AS, Tebar Dividen Rp 17 per Lembar Saham

RUPST juga menyetujui dan mengesahkan Laporan Tahunan 2021 dan penunjukan Kantor Akuntan Publik (KAP) untuk mengaudit Laporan Keuangan Tahun Buku 2022.

Laporan keuangan audit 2021 IDEA menunjukkan, perseroan masih menyimpan saldo laba yang belum ditentukan penggunaannya sebesar Rp 1,30 miliar, angkanya melesat 123 persen dari saldo tahun sebelumnya hanya Rp 584,21 juta.

Sepanjang tahun lalu, IDEA mencatatkan laba bersih yang turun dari laba bersih tahun 2020 sebesar Rp 7,15 miliar. Meski laba turun, perseroan mampu meraih pendapatan Rp 15,36 miliar, naik 5,42 persen dari tahun 2020 sebesar Rp 14,57 miliar.

BERITA REKOMENDASI

"Keputusan pembagian dividen dipengaruhi oleh rencana investasi, ekspansi, keadaan keuangan, dan persyaratan lainnya," ujar Eko dalam keterangannya, Jumat (29/7/2022).

Namun, perseroan berkomitmen akan membagikan dividen kepada pemegang saham dalam tahun-tahun mendatang, terutama setelah pandemi covid berlalu seperti sekarang ini.

Tahun lalu, katanya, proyeksi bisnis yang telah dibuat perusahaan belum dapat direalisasikan dengan baik lantaran kasus COVID-19 varian Omicron belum dapat dikendalikan hingga akhir 2021.

"Dividen tergantung pendapatan, likuiditas, operasional, rencana belanja modal, peluang akuisisi, prospek bisnis dan ekspansi, serta faktor lain yang relevan," kata Eko.

Menurut Eko, momentum lompatan bisnis Jasa Vokasi IDEA sangat terbuka luas saat pandemi berakhir.

Mengacu data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah pengangguran terbuka per Februari 2022 mencapai 8,40 juta orang atau tingkat pengangguran terbuka (TPT) 5,83 persen. Dari angka ini didominasi oleh lulusan sekolah menengah kejuruan (SMK).

Baca juga: BAKTI Kominfo dan idEA Gelar Pelatihan dan Dukungan Akses Permodalan untuk UMKM Kuliner

Sedangkan, Direktur Keuangan IDEA Dody Arifianto mengungkapkan pendapatan perusahaan tahun lalu paling besar ditopang oleh penjualan jasa vokasi sebesar Rp 9,69 miliar atau 63 persen dari total pendapatan.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas