Tribun Bisnis

Kriteria Capres Ideal di Mata Ekonom, Harus Bisa Stabilkan Ekonomi Nasional

Peneliti Alpha Research Database ini menilai capres 2024 harus bisa mempertahankan perekonomian nasional agar tetap stabil hingga ke tingkat daerah

Penulis: Sanusi
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Kriteria Capres Ideal di Mata Ekonom, Harus Bisa Stabilkan Ekonomi Nasional
Kolase Tribunnews.com/Berbagai Sumber
Foto-foto kandidat calon presiden di Pilpres 2024. (Kiri atas) Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, Anies Baswedan, Airlangga Hartarto. (Kiri bawah) Ridwan Kamil, Erick Thohir, Agus Harimartu Yudhoyono (AHY), Puan Maharani. Pengamat Ekonomi Ferdy Hasiman mengatakan kriteria ideal calon presiden (capres) 2024 harus bisa menjaga stabilitas ekonomi nasional. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Sanusi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengamat Ekonomi Ferdy Hasiman mengatakan kriteria ideal calon presiden (capres) 2024 harus bisa menjaga stabilitas ekonomi nasional.

Ia menilai tantangan ekonomi nasional untuk 5-10 tahun ke depan cukup besar sehingga membutuhkan sosok figur yang matang dan berpengalaman di pemerintahan dalam menangani urusan ekonomi.

“Tentu orang-orang yang berpengalaman saat ini seperti Airlangga Hartarto, Sri Mulyani, Ganjar Pranowo, Prabowo tentu mereka semua layak diusung menjadi calon presiden dan mereka-mereka itu orang-orang yang berpengalaman di pemerintahan, hanya memang yang paling penting adalah leadership dari calon presiden itu penting sekali,” ujar Ferdy kepada wartawan, Sabtu (30/7/2022).

Baca juga: Lembaga Survei Median Lakukan Simulasi Capres, Prabowo-Muhaimin Ungguli Ganjar-Erick Thohir

Peneliti Alpha Research Database ini menilai capres 2024 harus bisa mempertahankan perekonomian nasional agar tetap stabil hingga ke tingkat daerah-daerah. Selain itu, menurutnya capres 2024 juga harus memiliki political will dan manajerial skill yang baik.

“Jadi kehendak politik saja tidak cukup tetapi harus disertai dengan managerial skill artinya seorang pemimpin harus mampu untuk memanage bawahannya, harus mampu mengorganisir menteri-menterinya dan orang-orang di bawahnya agar perekonomian Indonesia tetap stabil ke depannya. Lalu dia harus mampu untuk menjaga perekonomian sampai ke daerah-daerah, ke desa-desa seperti yang saat ini dilakukan oleh pemerintahan Jokowi,” ujar Ferdy.

Ferdy menjelaskan tantangan perekonomian Indonesia ke depan terletak pada sektor pangan dan energi. Pada sektor pangan, persoalan swasembada pangan masih menjadi isu yang harus diselesaikan. Sementara pada sektor energi, persoalan defisit neraca perdagangan yang disebabkan oleh sektor minyak dan gas juga masih menjadi pekerjaan rumah pemerintah yang harus dievaluasi.

Baca juga: Pengamat Nilai Kader Golkar Makin Solid Dukung Airlangga Jadi Capres 2024

“Oleh karena itu, pemerintah atau capres yang tepat untuk masa yang akan datang dia harus melihat tantangan-tantangan yang paling berat adalah tantangan di sektor pangan dan energi selain pertahanan,” pungkasnya.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas