Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Pemerintah Minta Himpunan Kawasan Industri Bantu Genjot Pertumbuhan Ekonomi dan Buka Lapangan Kerja

Kawasan industri harus bisa menarik minat investor, merealisasikan pembangunan dan penciptaan lapangan pekerjaan.

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Pemerintah Minta Himpunan Kawasan Industri Bantu Genjot Pertumbuhan Ekonomi dan Buka Lapangan Kerja
HO
Direktur Utama KSP Ridi Djajakusuma mendukung komitmen HKI dalam pengembangan untuk kemajuan kawasan industri di Indonesia. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menaruh harapan pembangunan kawasan industri bisa berkelanjutan, serta berdaya saing global.

Hal itu dikatakan dalam sambutannya di Rakernas Himpunan Kawasan Industri (HKI) ke-XXII, Jumat (9/9/2022).

Airlangga mengajak peserta rakernas HKI yang hadir, agar kawasan industri dapat terus meningkatkan pertumbuhan ekonomi sekaligus membuka lapangan kerja.

“Kami (pemerintah) berharap Himpunan Kawasan Industri dapat terus berkontribusi dan bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar dan tumbuhnya industri,” ujar Airlangga.

Baca juga: KSP Kawal Pengembangan Kawasan Industri Halal Bintan

Ia menegaskan, kawasan industri harus bisa menarik minat investor, merealisasikan pembangunan dan penciptaan lapangan pekerjaan.

Hal lainnya yang juga penting membangun pendidikan semacam vokasi agar bisa dorong pekerja di sektor kawasan industri untuk bekerja.

Bersamaan via daring, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang menyampaikan pemerintah terus menggenjot infrastruktur termasuk pembangunan kawasan industri serta infrastruktur penunjang dan pemerintah juga mendorong dibentuk bank tanah dan sudah disiapkan PP nya terkait permodalan.

BERITA TERKAIT

Hingga Januari 2022, terdapat 135 perusahaan kawasan industri dengan total luas lahan sebesar 65.532 hektare yang tersebar di Pulau Jawa, Kalimantan, Maluku, Papua, Nusa Tenggara, Sulawesi dan Sumatera.

“Dari 135 kawasan industri tersebut, 46 persen atau 30.464 hektare diantaranya sudah terisi oleh tenant industri,” kata Agus.

Pemerintah mengupayakan pemerataan pembangunan industri dengan mengakselerasi pembangunan kawasan industri melalui fasilitasi pengembangan 27 kawasan industri yang masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2020 – 2024 dan 16 Proyek Strategis Nasional (PSN).

Direktur Utama PT Krakatau Sarana Properti (KSP) Ridi Djajakusuma mendukung komitmen HKI dalam pengembangan untuk kemajuan KI di Indonesia.

Ia pun beharap rakernas HKI yang berlangsung di The Royale Krakatau Hotel & Convention pada tanggal 8-10 September 2022, akan menghasilkan beberapa pemikiran dan gagasan produktif untuk kemajuan kawasan industri di seluruh Indonesia.

"Ini merupakan kedua kalinya setelah tahun 2005 lalu Cilegon bertindak sebagai tuan rumah. Kami dari PT Krakatau Sarana Properti mengucapkan selamat atas terselenggaranya Rakernas HKI ke-XXII di Royale Krakatau Hotel and Convention, yang juga merupakan kawasan lini usaha dari KSP,” tukasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas