Tribun Bisnis

Lewat Cash Free Day, Bank DKI Sosialisasikan Gerakan Nontunai hingga Fasilitas Pembiayaan UMKM

Bank DKI terus mendorong sosialisasi program gerakan non tunai khususnya bagi masyarakat Jakarta, melalui Digital Ecosystem Event

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Sanusi
zoom-in Lewat Cash Free Day, Bank DKI Sosialisasikan Gerakan Nontunai hingga Fasilitas Pembiayaan UMKM
Bank DKI
Bank DKI terus mendorong sosialisasi program gerakan non tunai khususnya bagi masyarakat Jakarta, melalui Digital Ecosystem Event bertajuk Cash Free Day 2022. Acara yang berlangsung di Thamrin 10 Food & Creative Park Jakarta ini berlangsung pada 9 September hingga 11 September 2022. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bank DKI terus mendorong sosialisasi program gerakan non tunai khususnya bagi masyarakat Jakarta, melalui Digital Ecosystem Event bertajuk Cash Free Day 2022.

Acara yang berlangsung di Thamrin 10 Food & Creative Park Jakarta ini berlangsung pada 9 September hingga 11 September 2022.

Direktur Utama Bank DKI, Fidri Arnaldy mengatakan, acara ini diselenggarakan sebagai wujud semangat Bank DKI dalam mendorong ekosistem ekonomi Digital khususnya di DKI Jakarta, melalui pengalaman bertransaksi non-tunai menggunakan JakOne Mobile & JakOne Pay.

Baca juga: Kompetisi Modern Dance Meriahkan Cash Free Day 2022 dari Bank DKI 

"Tentunya Kami akan terus berupaya untuk memperluas ekosistem pembayaran cashless bagi masyarakat DKI Jakarta, khususnya menggunakan QRIS," ucap Fidri Thamrin 10 Food & Creative Park, Minggu (11/9/2022).

"Harapannya masyarakat DKI Jakarta akan terdorong untuk bertransaksi Non Tunai dan merasakan experience dengan menggunakan Super Apps Bank DKI yaitu JakOne Mobile," sambungnya.

Fidri melanjutkan, pihaknya akan terus berupaya untuk memperluas ekosistem pembayaran cashless bagi masyarakat DKI Jakarta. Harapannya masyarakat DKI Jakarta akan terdorong untuk bertransaksi Non Tunai dan merasakan experience dengan menggunakan Super Apps Bank DKI yaitu JakOne Mobile.

Dengan versi terbaru JakOne Mobile, nasabah Bank DKI diharapkan dapat merasakan pengalaman bertransaksi yang lebih personal, mobile dan handal. Mulai dari pembukaan rekening tabungan secara online dimana saja dan kapan saja, bayar bermacam tagihan dan belanja online, transaksi QRIS, top up uang elektronik, hingga bersedekah/ berdonasi untuk sesama hingga mengamankan dana darurat melalui pembukaan deposito.

Baca juga: Bank DKI Dorong Penerapan Transaksi Non-Tunai Lewat Cash Free Day 2022

Dilengkapi dengan uang elektronik JakOne Pay, nasabah pengguna mobile banking JakOne Mobile dapat mudah bertransaksi melakukan pembayaran via QRIS dengan pilihan sumber dana (source of fund) rekening tabungan, atau uang elektronik selama acara berlangsung. Selain itu, aplikasi JakOne Pay juga dapat pengunjung gunakan sebagai pilihan untuk bertransaksi, dengan tampilan yang menarik dan lebih ringan.

Masyarakat yang ingin mempergunakan JakOne Pay juga tidak perlu menjadi nasabah Bank DKI, cukup download aplikasinya pada Google Play Store bagi smartphone berbasis android dan App Store bagi smartphone berbasis IOS. Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria turut mengapresiasi sejumlah upaya dan transformasi yang dilakukan Bank DKI dalam mendongkrak budaya pembayaran digital di masyarakat.

Baca juga: Bank DKI Imbau Pengguna Segera Ganti Kartu Lawas Transjakarta Gratis ke Versi Baru

Per Juni 2022, jumlah pengguna aplikasi JakOne Mobile telah mencapai 1,7 juta pengguna dengan jumlah transaksi mencapai 10,8 juta transaksi, dengan nilai transaksi sebesar Rp9,1 triliun dan diikutri dengan transaksi QRIS yang tumbuh 742 persen.

"Bank Indonesia kini juga telah mengembangkan digitalisasi digital pembayaran dengan menghadirkan QRIS yang mengusung semangat universal, unggul, gampang, untung, dan langsung," ucap Riza Patria. "Begitu juga Bank DKI dengan transaksi dengan digitalisasi yaitu Juli 2022 Jak one Mobile yang terus tumbuh. Ini akan mempercepat inklusi keuangan dan memajukan UMKM, yang pada akhirnya mendorong pertumbuhan ekonomi," pungkas Riza.

Transformasi Digital Genjot Penyaluran Fasilitas Pembiayaan ke UMKM

Direktur Utama Bank DKI, Fidri kembali melanjutkan, saat ini Bank DKI sedang melakukan Transformasi 5.0. Menurutnya, hal tersebut merupakan keharusan di tengah perkembangan teknologi yang sangat cepat, agar para nasabah juga dapat bertransaksi secara Cepat, Nyaman dan Aman. Sebagai rangkaian dari Transformasi 5.0, Bank DKI mempersembahkan inovasi digital berupa simple apps yakni JakOne Pay dan super apps yakni New JakOne Mobile.

Baca juga: Bank DKI Catat Ada 819 Ribu Pelajar Ibu Kota Miliki Rekening SimPel

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas