Tribun Bisnis

Erick Thohir dan Mahfud MD Dorong Transformasi BUMN agar Lebih Efisien 

Langkah-langkah hukum untuk menindak penyelewengan dan segala macam pelanggaran yang terjadi di tubuh BUMN sangat diperlukan

Penulis: Yanuar R Yovanda
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Erick Thohir dan Mahfud MD Dorong Transformasi BUMN agar Lebih Efisien 
Ismoyo
Menteri BUMN Erick Thohir. Erick Thohir mengatakan, BUMN Legal Summit 2022 merupakan bagian dari upaya Kementerian BUMN untuk secara terus-menerus melakukan transformasi di tubuh BUMN.  

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Yanuar Riezqi Yovanda 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, BUMN Legal Summit 2022 merupakan bagian dari upaya Kementerian BUMN untuk secara terus-menerus melakukan transformasi di tubuh BUMN

Selain itu, BUMN Legal Summit 2022 juga sebagai upaya nyata meningkatkan kapabilitas dan wawasan insan hukum BUMN sebagai bagian dari pengembangan talenta. 

“Transformasi BUMN tidak bisa lepas dari adanya transformasi fungsi hukum BUMN sebagai garda terdepan yang bertugas memberikan pengawalan, masukan, dan pertimbangan hukum. Khususnya, terhadap manajemen dalam mengambil setiap keputusan untuk perusahaan," ujar Erick dalam keterangannya, Jumat (23/9/2022).

Baca juga: Menteri BUMN Erick Thohir Ganti Dua Direksi dan Satu Komisaris Pertamina, Siapa Saja?

Dengan demikian, setiap keputusan yang diambil oleh manajemen BUMN senantiasa selaras dengan ketentuan peraturan perundang-undangan dan prinsip Good Corporate Governance (GCG).

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD dalam sambutannya menjelaskan, hingga saat ini BUMN terus bertransformasi agar lebih efisien, sehingga BUMN bisa memberikan kontribusi kepada negara. 

Untuk itulah, langkah-langkah hukum untuk menindak penyelewengan dan segala macam pelanggaran yang terjadi di tubuh BUMN sangat diperlukan, demi mencegah terganggunya sumbangsih BUMN bagi perekonomian dan keuangan negara. 

“Untuk melakukan pembangunan hukum nasional harus memiliki tiga pilar yaitu legal substain, legal structure, dan legal culture. Karena itu, para pelaku bisnis, terutama BUMN tidak perlu takut dalam bermanuver untuk melakukan transformasi perusahaan selama memiliki itikad baik dan terus memperhatikan keberadaan hukum di Indonesia,” pungkas Mahfud. 

Baca juga: Harga BBM Tinggi, Erick Thohir Dorong Percepatan Pemakaian Kendaraan Listrik di Lingkungan BUMN

Sekadar informasi, Kementerian BUMN bekerja sama dengan Forum Hukum BUMN menggelar BUMN Legal Summit 2022, yang dilaksanakan pada 22 hingga 23 September 2022 di Bali. 

Mengusung tema “Building Stronger Foundation for Growth”, forum tahunan yang pertama ini diharapkan dapat jadi momentum untuk membangun fondasi fungsi hukum BUMN agar semakin kuat dalam mendukung pertumbuhan dan transformasi BUMN

Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas