Tribun Bisnis

Industri Pariwisata Menggeliat, Traveloka Dukung 5 Aksi Tourism Working Group di KTT G20

Kemenparekraf menyatakan optimisme bahwa 2022 ini menjadi tahun kebangkitan industri pariwisata.

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Industri Pariwisata Menggeliat, Traveloka Dukung 5 Aksi Tourism Working Group di KTT G20
HO
Albert, Co-founder Traveloka di pertemuan Tourism Ministerial Meeting yang merupakan rangkaian kegiatan Tourism Working Group (TWG) di Nusa Dua, Bali, Senin 26 September 2022. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sektor pariwisata merupakan salah satu sektor penggerak ekonomi dunia.

Studi Travel & Tourism Economic Impact 2022 yang dirilis World Travel and Tourism Council (WTTC) dan Oxford Economics menyatakan, sektor pariwisata berkontribusi sebesar 6,1 persen terhadap PDB global dan 289 juta tenaga kerja pada 2021.

Sebelumnya, Kemenparekraf menyatakan optimisme bahwa 2022 ini menjadi tahun kebangkitan industri pariwisata.

Industri pariwisata global saat ini menunjukkan geliat pertumbuhan seiring dengan relaksasi syarat perjalanan dan pembukaan pintu gerbang internasional yang memacu minat masyarakat melakukan perjalanan.

Baca juga: Ikuti Arahan Presiden Jokowi Genjot Pariwisata Lokal, Ganjar Pranowo Kembangkan Sport Tourism

Data Barometer Pariwisata Dunia yang dirilis oleh Organisasi Pariwisata Dunia PBB (UNWTO) bulan Agustus 2022 menunjukkan pemulihan yang cukup kuat pada lima bulan pertama tahun ini.

Terdapat hampir 250 juta kedatangan internasional, meningkat tajam dibandingkan 77 juta kedatangan internasional pada periode yang sama tahun lalu.

Khusus di Indonesia Badan Pusat Statistik menyatakan kunjungan wisatawan mancanegara mencapai 477.000 kunjungan pada Juli 2022, naik dengan sangat pesat hingga 6.396,46 persen dibanding Juli 2021 dan merupakan rekor tertinggi selama pandemi.

Bertepatan dengan Hari Pariwisata Dunia yang jatuh pada 27 September, Traveloka turut berpartisipasi menyukseskan agenda Tourism Working Group (TWG), yang merupakan bagian dalam presidensi Indonesia di KTT G20.

"Sebagai mitra strategis pemerintah, kami mendukung penuh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk menyukseskan agenda G20 Tourism Working Group (TWG) yang berpusat pada Lima Pilar Aksi agar manfaat dari kebangkitan sektor pariwisata pasca pandemi dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat," ujar Widyasari Listyowulan, Vice President of Public Policy & Government Relations Traveloka dalam pernyataannya yang dikutip Kamis, 29 September 2022.

Pihaknya berharap semua pemangku kepentingan dapat bekerjasama untuk menjadi katalisator transformasi pariwisata yang inklusif, berkualitas dan berkelanjutan di Tanah Air.

Mengacu pada agenda TWG di KTT

G20 di Bali November 2022, Traveloka turut aktif dalam diskusi, serta memfasilitasi wadah bagi para pemangku kepentingan dan delegasi G20 untuk membahas kolaborasi sektor publik dan privat dapat memberikan nilai tambah terhadap industri pariwisata Indonesia.

TWG KTT G20 mengusung isu utama penguatan komunitas sebagai agen perubahan untuk transformasi pariwisata yang lebih berkualitas dan berkelanjutan yang berpusat pada 5 Pilar Aksi.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas