Tribun Bisnis

Komunitas Belajar Bisnis Evermos: Sharing Cara Merintis Usaha dari Nol Hingga Sukses

Belajar Bisnis by Evermos yang didirikan tahun 2019, jumlah anggotanya telah tumbuh dengan pesat hingga lebih dari 148.000 orang.

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Sanusi
zoom-in Komunitas Belajar Bisnis Evermos: Sharing Cara Merintis Usaha dari Nol Hingga Sukses
HO
Kegiatan training offline dan online di Komunitas Belajar Bisnis yang diselenggarakan Evermos 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pandemi membuat banyak orang kehilangan pekerjaan karena menjadi korban PHK. Tak sedikit yang akhirnya memilih memulai usaha sendiri meskipun prosesnya juga tidak mudah.

Mengatasi berbagai kesulitan merintis usaha, para pebisnis pemula ini diajak bergabung ke komunitas bisnis untuk mendapatkan ilmu, relasi, dan benefit lain demi membantu bisnisnya berkembang.

Baca juga: Tiga Entrepreneur Perempuan Berbagi Rahasia Sukses Merintis Bisnis di Diskusi W20-Evermos

Salah satu komunitas bisnis yang kini sudah terbentuk berada di Bandung dengan nama Komunitas Belajar Bisnis by Evermos yang didirikan tahun 2019, jumlah anggotanya telah tumbuh dengan pesat hingga lebih dari 148.000 orang.

Beberapa dari mereka sukses dan memiliki omzet hingga Rp 100 juta per bulan melalui Evermos, sebuah platform digital yang menjembatani reseller dengan brand lokal untuk jualan online produk-produk lokal Indonesia.

Baca juga: Dukung Presidensi Indonesia di G20, Evermos Pertemukan Wirausaha Perempuan Sekaligus Mentoring

Menurut Co-Founder dan CEO Evermos Ghufron Mustaqim, platformnya didirikan untuk membantu UMKM dan brand lokal agar memiliki daya saing lebih baik terutana menghadapi brand-brand besar.

Salah satu tantangan terbesarnya adalah ekosistem kewirausahaan kita di Indonesia yang masih belum optimal. Selain membangun platform, Evermos kemudian membangun komunitas bisnis sebagai tempat belajar berwirausaha hingga berkolaborasi.

Baca juga: Masuk Daftar Forbes Asia dan Endeavor, Evermos Ungkap Kunci Startup Bertahan di Tengah Krisis

Para pendiri startup ini bersama sejumlah expert kemudian membuat kelas-kelas belajar skill secara daring, baik yang berbayar maupun gratis seperti Komunitas Belajar Bisnis by Evermos yang bebas diakses di Platform Facebook Group.

Valeska Kartasentana, Senior Digital Community Specialist, Reseller Evermos, dan Pengusaha Kopi menjelaskan, platform Facebook Group memiliki potensi yang paling baik sebagai wadah online Komunitas Belajar Bisnis by Evermos.

Pertama, supaya bisa mewadahi member yang terus bertambah dan kini jumlahnya sudah beratus ribuan. Kedua, jangkauannya yang luas bisa mencakup seluruh Indonesia, dari Sabang sampai Merauke. Dan ketiga, member juga mudah dalam mengunggah foto dan update status, gak makan banyak kuota.

"Jadi, kita bisa saling tanya dan berbagi soal cara kita masing-masing bisa berhasil," ujar Valeska.

Untuk bergabung di Komunitas Belajar Bisnis by Evermos, mereka bisa mengakses di situs Evermos kemudian klik "Gabung Grup". Setelah bergabung, mereka bisa langsung menikmati konten-konten terkait belajar bisnis online secara rutin, baik dari para reseller yang sudah sukses, trainer profesional, ataupun para pemilik usaha dari seluruh Indonesia.

"Dalam memulai bisnis, yang terpenting adalah terus belajar. Ikut kelas-kelas yang relevan dengan tema bisnis. Kalau di luar sana banyak kelas yang berbayar, di Komunitas Belajar Bisnis by Evermos itu gratis dan video rekamannya di Facebook Group Live juga bisa ditonton ulang," ujar Valeska.

Dia menekankan, selain ikut kelas, penting juga untuk berkumpul dengan orang-orang yang punya tujuan yang sama, supaya bisa diskusi dan kitanya tersuasanakan untuk terus berikhtiar, sukses bareng-bareng.

"Di komunitas kita ada beberapa program yang rutin berjalan, minimal online 9 kali per bulan, serta offline 1 kali per bulan di seribu kecamatan," bebernya.

Program terfavorit di komunitas ini adalah Kelas Bisnis & Marketing (KBM) yang diadakan setiap hari selasa live di Facebook Group karena mengangkat topik-topik yang dapat menunjang berbisnis dan berjualan, baik dari segi pemahaman maupun teknis seperti penggunaan tools.

Beberapa topiknya antara lain teknik copywriting dalam berjualan, berjualan dengan menggunakan Whatsapp Business, belajar desain dengan Canva, membuat buyer persona, dan lain-lain.

Ada juga program-program lain yang diadakan secara daring dan luring, diantaranya Ngobrol Bareng Reseller Inspiratif, Kepoin Produk, Kajian Evermos, Kopi Darat (Kopdar) di tingkat kecamatan, dan Silaturahmi Reseller di tingkat provinsi.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas