Tribun Bisnis

32 Emiten Raih CSA Awards 2022, Delapan Diantaranya dari BUMN

Ajang ini melibatkan Tim Juri CSA Awards yang terdiri dari 5 professor dan 10 analis senior, serta tokoh pasar modal.

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in 32 Emiten Raih CSA Awards 2022, Delapan Diantaranya dari BUMN
ist
Sebanyak delapan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bertatus perusahaan publik dan 23 emiten swasta dari berbagai sektor industri meraih penghargaan CSA Awards 2022 yang diselenggarakan di Jakarta pada Kamis 27 Oktober 2022. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sebanyak delapan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bertatus perusahaan publik dan 23 emiten swasta dari berbagai sektor industri meraih penghargaan CSA Awards 2022 yang diselenggarakan di Jakarta pada Kamis 27 Oktober 2022.

Haryajid Ramelan, Ketua Panitia Pelaksana CSA Awards mengatakan, ajang penghargaan bergengsi dari para analis ini merupakan yang keempat kalinya diselenggarakan sejak tahun 2017 dan sempat terhenti saat pandemi.

Ajang ini melibatkan Tim Juri CSA Awards yang terdiri dari 5 professor dan 10 analis senior, beberapa analis anggota CSA Community, serta tokoh pasar modal.

Baca juga: Rating CSA Melesat Signifikan di 2022, Penerapan ESG BRI Terus Meningkat

“Karena pandemi Covid-19, kegiatan ini terhenti selama dua tahun. Tahun ini kita adakan dalam bentuk rangkaian kegiatan CSA Awards,” ujar Haryajid.

Serangkaian kegiatan tersebut antara lain, CSA Research Competition, Unboxing Emiten, CSA Awards dan puncak acara Capital Market Outlook 2023. Rangkaian kegiatan ini mengambil tema Membangun industri pasar modal yang adaptif di era digital pasca pandemi.

Dia mengatakan, selain penghargaan untuk emiten, ada kompetisi riset untuk mahasiswa dan umum, unboxing emiten yang telah berjalan sejak Juli dan ditutup dengan Capital Market Outlook akhir tahun ini.

Menurut Haryajid, penghargaan emiten CSA AWARDS tahun ini, sangat berkelas, karena dinilai  oleh tim juri yang memiliki kapasitas, kapabilitas dan profesionalitas yang mumpuni. “Sebanyak 5 orang profesor  senior yang dipimpin Prof Roy Sembel mengawal penjurian ini,” ungkapnya.

Adapun unboxing emiten merupakan program berupa podcast menghadirkan emiten-emiten untuk menyampaikan visi, misi dan perkembangan bisnisnya kepada masyarakat, khususnya investor pasar modal. Program ini mendapat respon positif dari emiten, ditandai banyaknya emiten yang ikut serta.

Prof Roy Sembel selaku Ketua Tim Juri menyatakan pemberian penghargaan kepada emiten ini, dilakukan melalui proses penilaian panjang, baik dari segi kuantitatif maupun kualitatif. “Kami telah memulai proses ini sejak Juli 2022, hingga minggu lalu baru semua tim juri memutuskan mana emiten yang terbaik bagi seluruh stakeholder,” ungkap Roy.

Baca juga: Dirut BRI Sunarso Pemimpin BUMN Terpopuler, BRI Borong 5 Penghargaan Anugerah Humas Indonesia 2022

Menurutnya, dari jumlah 800 emiten, tim juri telah menseleksi melalui berbagai tahapan, hingga terpilih 129 emiten masuk nominasi penilaian lebih lanjut. Nominasi didasarkan pada lima kriteria, yaitu aspek profitabilitas di masa mendatang, aspek keterbukaan terhadap pemegang saham, aspek good corporate governance (GCG), aspek likuiditas saham, aspek manajemen risiko dan aspek enviroenment, social, governance.

“Emiten nominator ini kami nilai berdasarkan kinerja kualitatif dan kuantitatif perusahaan dan juga saham favorit pilihan para analis,” ujarnya.
Dari sejumlah 129 nominator yang masuk, kemudian dipilah berdasarkan 11 sektor dan dibagi dalam dua kategori emiten di tiap sektor. Yaitu kategori emiten yang memiliki nilai kapitalisasi pasar Big Caps dan kategori emiten yang memiliki nilai kapitalisasi pasar Non Big Caps. Setelah diberikan nilai kuantitatif dan kualitatiif, terpilih sebanyak 30 emiten berhak meraih Best Awards berdasarkan sektor dan saham favorit pilihan analis. 

Dari 29 emiten, tim juri menilai kembali untuk memilih Best of The Best dan akhirnya diputuskan sebanyak 3 emiten memperoleh penghargaan Best of The Best Awards CSA 2022.

Rinciannya adalah:

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas