Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Pelaku UMKM Diberikan Pendampingan Manajerial untuk Peningkatan Daya Saing

UMKM Academy 3.0 merupakan program pendampingan UMKM yang menitikberatkan pada upaya peningkatan daya saing, melalui pendekatan aspek manajerial

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Pelaku UMKM Diberikan Pendampingan Manajerial untuk Peningkatan Daya Saing
ist
Acara UMKM Academy 3.0. Kegiatan ini merupakan program pendampingan UMKM yang menitikberatkan pada upaya peningkatan daya saing, melalui pendekatan aspek manajerial UMKM yang dilakukan secara intensif dan berkelanjutan, dengan melibatkan mentor UMKM profesional 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dalam rangka mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan perekonomian Indonesia, Kimia Farma kembali melaksanakan Program Pemberdayaan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) yang ke-3. 

General Manager Umum dan Teknologi Informasi PT Kimia Farma Tbk, M Rony Hidayat menjelaskan, UMKM Academy 3.0 merupakan program pendampingan UMKM yang menitikberatkan pada upaya peningkatan daya saing, melalui pendekatan aspek manajerial UMKM yang dilakukan secara intensif dan berkelanjutan, dengan melibatkan mentor UMKM profesional.

“UMKM Academy telah dilaksanakan sejak 2020 dengan total jumlah peserta selama tiga tahun mencapai 120 mitra binaan dan menghasilkan 16 UMKM naik kelas dari aspek peningkatan omset, peningkatan kapasitas produksi, serta penyediaan fasilitas legalitas berupa Perseroan Terbatas (PT), Commanditaire Vennootschap (CV), perizinan BPOM dan halal MUI," ujar Rony dalam keterangannya, Rabu (2/11/2022).

Baca juga: Menteri Perdagangan Dorong Kolaborasi UMKM dengan Ritel Modern agar Pemasaran Lebih Efisien 

Alur program UMKM Academy 3.0 dimulai dari webinar, pra inkubasi, inkubasi, post inkubasi berupa pendampingan, presentasi final naik kelas dan graduation. 

Inkubasi dilakukan selama empat minggu berupa pelatihan teknis dan pendampingan mentor terlatih secara online. 

Post inkubasi dilakukan dengan evaluasi dan improvement dari para UMKM, sehingga program ini kurang lebih akan terlaksana dalam empat bulan.

BERITA REKOMENDASI

Menurutnya, dari 376 pendaftar terdapat 40 UMKM yang lolos seleksi menjadi peserta UMKM Academy 3.0. 

Peserta tersebut, kata Rony, terdiri dari 30 mitra binaan kategori basic dan 10 mitra binaan kategori intermediate untuk dipersiapkan naik kelas.

Baca juga: B20 Indonesia: Digitalisasi dan Kolaborasi Multipihak Dorong UMKM Berdaya Saing

"Semoga melalui UMKM Academy 3.0 ini menjadi wadah pembelajaran bagi pelaku usaha UMKM dalam mengimplementasikan manajerial UMKM yang mapan," paparnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas