Tribun Bisnis

ABB Sediakan Teknologi Otomatisasi Berbasis Digital untuk Industri Pulp dan Kertas

ABB Ability merupakan solusi digital dari hulu ke hilir yang membantu otomatisasi proses industri pulp dan paper.

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
Editor: Choirul Arifin
zoom-in ABB Sediakan Teknologi Otomatisasi Berbasis Digital untuk Industri Pulp dan Kertas
dok.
ABB memperkenalkan ABB Ability, solusi digital dari hulu ke hilir yang membantu otomatisasi proses industri pulp dan paper. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Hasiolan Eko Purwanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Efisiensi bisnis dan bisnis yang berkelanjutan saat ini telah menjadi isu utama banyak perusahaan global di seluruh dunia.

Industri kini tidak lagi semata mengejar volume produksi,tetap juga memperhatikan aspek efisiensi dan keberlanjutan usaha yang dijalankan.

Menangkap peluang ini, perusahaan penyedia sistem teknologi global ABB menyediakan solusi digital dari hulu ke hilir untuk membantu organisasi mengotomatisasi dan mengoptimalkan sekaligus memastikan keberlangsungan bisnis di masa datang.

Solusi yang diberi nama ABB Ability ini merupakan solusi digital dari hulu ke hilir yang membantu otomatisasi proses industri pulp dan paper.

Saat ini perusahaan produsen kertas di Asia Tenggara telah secara aktif mencari cara untuk merampingkan operasional mereka, mengikuti perubahan industri dan perkembangan teknologi, meningkatkan kendali proses dan strategi otomatisasi, memangkas anggaran yang tidak perlu, meningkatkan hasil dan kualitas produksi kertas.

WeiMing Liew, Lead Pulp and Paper Industry ABB menjelaskan, solusi ABB Ability ini termasuk dalam portofolio solusi digital ABB dan dirancang untuk memenuhi kebutuhan dan mendorong transformasi pabrik menjadi kian mutakhir.

Untuk sektor industri pulp dan kertas, solusi ini mengkombinasikan metodologi, analitik data, dan keahlian pakar serta layanan perangkat lunak yang dibuat khusus untuk mendorong operasi yang unggul.

Baca juga: PLN dan ABB Jaga Keandalan Pasokan Listrik di KTT G20 Labuan Bajo

"ABB Ability Manufacturing Execution System (MES) untuk pulp dan kertas, merupakan salah satu solusi andalan ABB Ability. Sistem ini dirancang khusus untuk membantu produsen pulp, kertas, tisu, dan kemasan untuk mencapai kinerja yang unggul dan maksimum di berbagai lini produksi," ujarnya dalam keterangan pers yang dikutip Minggu, 6 November 2022.

Dia memaparkan, Sistem MES dapat disesuaikan untuk mengatasi tantangan produksi khusus pabrik pulp dan kertas sehingga dapat membantu merampingkan berbagai proses, melalui penggunaan bahan dan inventaris yang lebih baik.

Perusahaan dapat mengurangi biaya produksi dan peningkatan kinerja keberlanjutan, karena limbah yang dihasilkan menjadi lebih sedikit.

Baca juga: Pasar Data Center Tumbuh, ABB Pasok UPS PowerWave 33 untuk AREA31

Solusi kunci untuk pabrik kertas adalah Sheet Break Performance, yang secara otomatis mengkurasi, menghitung, dan mengontekstualisasikan titik data untuk membantu menganalisis, mencegah, dan menghindari kemungkinan penyebab kerusakan lembaran (sheet break).

Salah satu klien ABB pertama di Indonesia yang memanfaatkan Sheet Break Performance adalah PT Pabrik Riau Andalan Kertas (RAK), bagian dari Asia Pacific Resources International Limited.

Sebelumnya, pabrik RAK mengalami banyak kerusakan lembaran kertas (sheet break) dan ingin memahami penyebabnya. ABB lalu memulai dengan penyetelan kontrol level dasar sebelum menambahkan Sheet Break Performance.

Pada akhirnya dapat membantu perusahaan dalam melakukan transformasi digital sekaligus mendiagnosis sheet break secara akurat.

Contoh lain pemanfaatan data untuk membuat keputusan yang lebih tepat adalah peluncuran ABB Ability TM Strength Virtual Measurement (SVM). Sistem ini dibuat berdasarkan kombinasi proses online dan/atau offline yang tersedia, dan pengukuran produk untuk memberikan visibilitas ke area kinerja dan proses yang meningkat.

Fitur ini memberikan solusi berupa panduan pada produsen kertas, cara untuk mengoptimalkan kekuatan produk serta biaya produksinya, dengan mengukur kekuatan lembaran kertas yang telah dianalisa secara real-time.

Ikuti kami di
© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas