Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Jokowi: Presidensi G20 Indonesia Berhasil Wujudkan Deklarasi yang Sempat Diragukan Banyak Pihak

Banyak pihak meragukan KTT G20 di Indonesia akan menghasilkan deklarasi kesepakatan di tengah kondisi geopolitik yang memanas.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Jokowi: Presidensi G20 Indonesia Berhasil Wujudkan Deklarasi yang Sempat Diragukan Banyak Pihak
Tangkap layar kanal YouTube Kompas TV
Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi menutup Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Nusa Dua, Bali pada Rabu (16/11/2022) sore, serahkan Presidensi G20 kepada India. Jokowi mengatakan bahwa KTT G20 yang dipimpin Indonesia telah berhasil menghasilkan deklarasi yakni G20 Bali Leaders Declaration 

Laporan Wartawan Tribunnews, Taufik Ismail

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa KTT G20 yang dipimpin Indonesia telah berhasil menghasilkan deklarasi yakni G20 Bali Leaders Declaration.

Banyak pihak meragukan KTT G20 di Indonesia akan menghasilkan deklarasi kesepakatan di tengah kondisi geopolitik yang memanas.

“Kepemimpinan Indonesia telah berhasil menghasilkan deklarasi pemimpin G20, G20 Bali Leaders Declaration yang awalnya diragukan oleh banyak pihak,” kata Jokowi dalam konferensi pers di Bali, Rabu, (16/11/2022).

Baca juga: KTT G20 Resmi Ditutup, Ini 3 Kepala Negara yang Tidak Hadir di Bali

Jokowi mengatakan terdapat sejumlah hasil konkret dari penyelenggaraan KTT G20. Diantaranya terbentuknya Pandemic Fund  yang hingga hari terakhir terkumpul 1,5 miliar dolar AS.

“Kemudian pembentukan dan operasionalisasi, resilience and sustainability trust di bawah IMF sejumlah USD 81,6 miliar untuk membantu negara-negara yang menghadapi krisis,” katanya.

Selain itu kata Jokowi, deklarasi juga menyepakati komitmen dari transisi energi. Indonesia memperoleh komitmen dari just energy transition program sebesar 20 miliar dolar AS.

Baca juga: Jokowi saat Pimpin KTT G20 Sesi III: Saya Ulangi, Hentikan Perang

BERITA REKOMENDASI

“Komitmen bersama setidaknya 30 persen dari daratan dunia dan 30 persen lautan dunia dilindungi di tahun 2030. ini sangat bagus dan melanjutkan komitmen mengurangi degradasi tanah sampai 50 persen tahun 2040 secara sukarela. Saya kira hasil yang konkret itu meskipun banyak sekali sebetulnya hasil-hasil yang lainnya ,” pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas