Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Wakil Menteri Keuangan Dorong Pertumbuhan Ekonomi Lokal Secara Berkelanjutan

menurut Suahasil, tujuannya adalah tetap menggerakkan kegiatan serta mendapatkan pertumbuhan ekonomi dengan cara yang berkelanjutan. 

Penulis: Yanuar R Yovanda
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Wakil Menteri Keuangan Dorong Pertumbuhan Ekonomi Lokal Secara Berkelanjutan
Tribunnews.com/Nitis Hawaroh
Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu), Suahasil Nazara. Suahasil Nazara menyatakan, energi, pangan, dan kesehatan adalah sektor yang sangat fundamental untuk terus ditangani oleh pemerintah ke depan.  

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Yanuar Riezqi Yovanda 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Menteri Keuangan (Menkeu) Suahasil Nazara menyatakan, energi, pangan, dan kesehatan adalah sektor yang sangat fundamental untuk terus ditangani oleh pemerintah ke depan. 

Suahasil Nazara mengatakan, cara untuk menangani ketiga sektor itu yakni dengan turut serta menumbuhkan ekonomi lokal. 




"Saya ingin titip kepada Ibu Bapak sekalian yang hadir pada saat ini, cara kita itu haruslah cara yang bisa menumbuhkan ekonomi lokal ekonomi Indonesia," ujarnya dalam acara "Indonesia Economic Outlook 2023: Overcoming Economic Challenge Through Sustainability", Selasa (20/12/2022).

Baca juga: Wamenkeu Suahasil Menyebut Penggunaan EBT Bukanlah Sebuah Pilihan

Jadi, menurut Suahasil, tujuannya adalah tetap menggerakkan kegiatan serta mendapatkan pertumbuhan ekonomi dengan cara yang berkelanjutan. 

"Bagaimana itu item-itemnya, pertama pakai produk lokal untuk energi, pangan, dan kesehatan. Lokal produk itu akan menciptakan multiplier lebih tinggi untuk perekonomian kita, dan akan meningkatkan gerak ekonomi di lokal," katanya. 

Kedua, adalah sumber pertumbuhan ekonomi baru Indonesia harus didapatkan dari hilirisasi industri sumber daya alam yang ada. 

BERITA TERKAIT

"Jadi, kalau Ibu Bapak dengar yang soal larangan ekspor, ekspor banned, ekspor banned itu bukan tujuan, tujuannya apa? Hilirisasi, proses sumber daya alam kita diproses lebih lanjut di dalam negeri," tutur Suahasil. 

Lalu yang ketiga, adalah ekonomi digital, di mana caranya itu adalah sektor energi, pangan, dan kesehatan harus memanfaatkan secara masif ekonomi digital. 

"Sudah harus kita pikirkan ekonomi digital yang mewarnai sektoral kita. Secara masif ini jadi PR besar dan jadi sumber pertumbuhan ekonomi," ujar dia.

Baca juga: Wakil Menteri Keuangan: Pajak Karbon Bukan untuk Mencari Penerimaan Negara

Kemudian yang keempat, adalah menuju green economy sebagai sumber pertumbuhan baru bagi ekonomi Indonesia. 

"Kadang-kadang ada satu pemahaman yang mengatakan kalau kita menuju green, berarti kita mengorbankan pertumbuhan ekonomi, saya rasa enggak. Green kita adalah komplementing pertumbuhan ekonomi Indonesia, malah menuju Green, menuju hijau itu adalah sumber pertumbuhan ekonomi Indonesia," ujar Suahasil.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas