Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Tunjuk Dua Penjamin Emisi, Bank KB Bukopin Berencana Rights Issue Awal 2023

Institusi keuangan asal Korea, KB Financial Group (KBFG) melalui KB Kookmin Bank terus memperkuat komitmen penambahan modal ke PT Bank KB Bukopin

Penulis: Yanuar R Yovanda
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Tunjuk Dua Penjamin Emisi, Bank KB Bukopin Berencana Rights Issue Awal 2023
Istimewa
PT Bank KB Bukopin Tbk (KBB) secara nyata mulai merealisasikan tujuan untuk menjadi bank yang bebas dari bad loan dan menjadi clean bank. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Yanuar Riezqi Yovanda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Institusi keuangan asal Korea, KB Financial Group (KBFG) melalui KB Kookmin Bank terus memperkuat komitmen penambahan modal ke PT Bank KB Bukopin Tbk (BBKP).

Bukti komitmen tersebut langsung ditindaklanjuti dengan penunjukkan Mirae Aset Sekuritas dan KB Valbury Sekuritas sebagai penjamin emisi rights issue atau penerbitan saham baru.

Selaku penjamin emisi, Mirae Asset Sekuritas dan KB Valbury Sekuritas akan bertindak sebagai penasihat dan agen penjualan untuk pelaksanaan rights issue.

Baca juga: Tambah Modal, Pemegang Saham Setujui Rencana Penawaran Umum Terbatas Bank KB Bukopin

“Gerak cepat dengan tetap menerapkan prinsip kehati-hatian yang dilakukan dalam pelaksanaan tahapan-tahapan dari rencana penambahan modal tersebut, menunjukkan keseriusan KB Financial Group” ujar Deputy President Director KB Bukopin Robby Mondong dalam keterangan pers, Rabu (21/12/2022).

Adapun, penambahan modal tersebut akan dilakukan melalui Penawaran Umum Terbatas (PUT VII) dengan skema Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) atau rights issue.

Aksi korporasi ini sebelumnya telah mendapat persetujuan para pemegang paham dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada 30 November 2022 di Kantor Pusat KB Bukopin.

BERITA TERKAIT

Rencananya, lanjut Robby, KB Bukopin akan menerbitkan saham baru seri B sebanyak-banyaknya 120 miliar lembar saham, tergantung keperluan dana KB Bukopin dan harga dari pelaksanaan.

"Tambahan modal dari rights issue yang akan dilaksanakan awal 2023 tersebut, akan digunakan untuk mendorong pertumbuhan bisnis, dan meningkatkan kontribusi KB Bukopin dalam pertumbuhan ekonomi nasional," katanya.

Dia menambahkan, keseriusan KB Financial Group melalui KB Kookmin Bank untuk mengembangkan KB Bukopin, didukung oleh kemampuan keuangan yang kuat dengan total aset mencapai 560,1 miliar dolar Amerika Serikat.

Baca juga: Terbitkan Obligasi Sosial, KB Bukopin Teken Pinjaman Luar Negeri Rp 4,41 Triliun dari IFC

"Selain itu, KB Financial Group memiliki basis pelanggan mencapai 70 persen populasi Korea, serta peringkat kredit tertinggi di antara bank-bank Korea. Kemudian, dikenal sebagai entitas bisnis keuangan yang paling menguntungkan, solid, dan stabil," pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas