Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

BI Sediakan Rp 117,7 Triliun untuk Nataru, 47 Persen Sudah Ditarik

Bank Indonesia (BI) menyatakan, jumlah uang yang disediakan untuk periode Natal dan Tahun Baru (Nataru) sebanyak Rp 117,7 triliun.

Penulis: Yanuar R Yovanda
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in BI Sediakan Rp 117,7 Triliun untuk Nataru, 47 Persen Sudah Ditarik
istimewa
Logo Bank Indonesia 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Yanuar Riezqi Yovanda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Bank Indonesia (BI) menyatakan, jumlah uang yang disediakan untuk periode Natal dan Tahun Baru (Nataru) sebanyak Rp 117,7 triliun.

Deputi Gubernur BI Aida S Budiman mengatakan, jumlah Rp 117,7 triliun itu tumbuh 5,8 persen dibanding dengan realisasi tahun lalu.




"Jumlah tersebut mempertimbangkan, yang pertama adalah perkiraan mobilitas masyarakat yang sekarang ini juga semakin meningkat," ujarnya dalam konferensi pers, Kamis (22/12/2022).

Baca juga: Wakil Menteri Keuangan Dorong Pertumbuhan Ekonomi Lokal Secara Berkelanjutan

Kemudian, perkiraan belanja pemerintah dan bantuan sosial tunai (BST), dan rata-rata kenaikan outflow dalam beberapa tahun terakhir yang mencapai sekitar 4,8 persen

"Progresnya sampai dengan minggu kedua Desember ini sudah terjadi penarikan uang oleh perbankan sebesar Rp 54,77 triliun atau sekitar 47 persen dari uang yang disediakan," kata Aida.

Dia menambahkan, kesiapan Bi dalam pemenuhan kebutuhan uang rupiah selama periode Nataru 2022 ini dilakukan dengan 3K, yaitu pertama adalah kesiapan jumlah dan pecahan uang yang diperlukan.

BERITA TERKAIT

"Lalu, kedua yakni kesiapan akses bagi masyarakat khususnya dari Bank Indonesia, dan yang ketiga tentunya kesiapan dari perbankan dan juga penyelenggara jasa pengolahan uang rupiah atau PJPUR," pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas