Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

H-1 Natal, Calo Tiket Masih Berkeliaran di Stasiun Gambir 

Mereka kerap berseliweran dan menghampiri sejumlah calon penumpang yang baru saja memasuki pintu utama Stasiun Gambir. 

Penulis: Nitis Hawaroh
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in H-1 Natal, Calo Tiket Masih Berkeliaran di Stasiun Gambir 
Tribunnews.com/Nitis Hawaroh
Calon penumpang kereta di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Sabtu (24/12/2022). Keberadaan calo tiket atau perantara masih kerap terlihat mondar-mandir di area Stasiun Gambir. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nitis Hawaroh

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menjelang Natal dan Tahun Baru 2023, stasiun Kereta Api Gambir dipadati oleh calon penumpang yang hendak melakukan perjalanan baik jarak jauh maupun jarak menengah.

Pengamatan Tribunnews.com di lokasi, ratusan calon pemudik memenuhi setiap sudut Stasiun Gambir, Jakarta. Meski telah disediakan kursi untuk menunggu keberangkatan, masih banyak calon penumpang yang rela berdiri sebab tak kebagian bangku-bangku tersebut.

Tak hanya itu, dari ratusan calon penumpang yang didominasi oleh rombongan keluarga, terselip keberadaan calo tiket atau perantara yang kerap mondar-mandir di seluruh area Stasiun Gambir.

Baca juga: 20 Ribu Lebih Penumpang Berangkat dari Stasiun Gambir H-1 Natal

Sedikitnya ada tiga orang lelaki paruh baya yang bergerombol seraya menawarkan tiket-tiket perjalanan kereta api di Stasiun Gambir.

Mereka kerap berseliweran dan menghampiri sejumlah calon penumpang yang baru saja memasuki pintu utama Stasiun Gambir

Terucap kata "Tiket-tiket, Bandung-Bandung," kata seorang laki-laki tua, yang bisa disebut perantara atau calo dengan mengacungkan jari telunjuknya.

Baca juga: H-1 Natal, Stasiun Gambir Dipadati Calon Penumpang, 13.900 Tiket Keberangkatan Ludes

BERITA TERKAIT

Sesekali, tiga lelaki paruh baya itu berpencar seakan tengah membidik sasarannya masing-masing. Namun, sebagian calon penumpang itu nampak tak menghiraukan keberadaan dari calo tiket tersebut. 

Bahkan, sebagian calon penumpang yang dihampiri, justru seakan acuh terhadap tawaran dari para calo tiket itu. Calon penumpang lebih memilih untuk mengantre di konter pelaporan atau check-in counter dan mencetak tiket di mesin yang telah disediakan.

Kemudian, pada konten pelaporan tiket di Stasiun Gambir, setidaknya terdapat dua petugas yang siap melayani calon penumpang dalam mencetak tiket perjalanan.

Untuk diketahui, berdasarkan data per Sabtu (24/12/2022) atau H-1 Natal, tiket Kereta Api (KA) yang terjual habis mencapai 305 ribu tiket. Data sebelumnya mencatat 287 tiket.

Baca juga: 36 Ribu Orang Berangkat dari Stasiun Pasar Senen dan Gambir pada H-1 Natal

Angka tersebut tercatat untuk keberangkatan KA dari Stasiun Gambir dan Stasiun Senen. Angka tiket diprediksi akan kian bertambah setiap harinya mengingat proses penjualan tiket secara daring terus berlangsung.

Humas KAI Daop 1, Eva Chairunisa menyampaikan, data per tanggal 24 Desember 2022, sebanyak 13.900 tiket di Stasiun Gambir telah ludes terjual.

"Data penumpang Sabtu 24 Desember 2022, di Stasiun Gambir Jumlah KA 37, volume berangkat sebanyak 13.900. Kemudian, volume kedatangan 3.493 orang," kata Eva saat dihubungi Tribunnews, Sabtu (24/12/2022).

Sementara sebanyak 22.200 tiket habis terjual di Stasiun Pasar Senen per tanggal 24 Desember 2022. Adapun data kedatangan orang di Stasiun Pasar Senen sebanyak 1.963 orang.

"Jumlah KA sebanyak 32, sedangkan volume keberangkatan 22.200 orang," tuturnya.

Baca juga: H-2 Natal, Sebanyak 16 Ribu Tiket Keberangkatan Stasiun Gambir Terjual

Lebih lanjut, Eva menambahkan total Kereta Api (KA) yang tersedia atau beroperasi di Stasiun Pasar Senen dan Gambir pada hari ini sebanyak 69.

Ia pun mengimbau kepada para penumpang agar memenuhi persyaratan yang dianjurkan pemerintah sebelum berangkat.

Terakhir, Eva menjelaskan penumpang wajib vaksin sesuai Surat Edaran Kementerian Kesehatan Nomor HK.02.02/II/3984/2022 tentang Kesiapsiagaan Menghadapi Libur Hari Raya Natal Tahun 2022 Dan Tahun Baru 2023.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas