Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Lepas 24,61 Persen Saham, ELIT Siap Melantai di Bursa Awal 2023

Emiten PT Data Sinergitama Jaya Tbk siap listing saham di Bursa Efek Indonesia awal tahun depan dengan melepas 24,61 persen saham ke publik.

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Lepas 24,61 Persen Saham, ELIT Siap Melantai di Bursa Awal 2023
dok.
Emiten PT Data Sinergitama Jaya Tbk siap listing saham di Bursa Efek Indonesia awal tahun depan dengan melepas 24,61 persen saham ke publik. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Emiten PT Data Sinergitama Jaya Tbk siap listing saham di Bursa Efek Indonesia melalui mekanisme initial public offering [IPO] pada awal 2023 setelah memperoleh surat pra-efektif dari Otoritas Jasa Keuangan pada 15 Desember 2022.

Masa penawaran awal atau periode bookbuilding sudah berlangsung dan akan berakhir pada Kamis 22 Desember 2022 lalu.




Direktur Utama PT Data Sinergitama Jaya Tbk, Kresna Adiprawira menyatakan listing saham perseroan akan menggunakan kode ELIT dan diperkirakan pada awal tahun 2023.

Langkah IPO ini menurutnya akan memantapkan langkah perseroan dalam transformasi digital melalui pengembangan Data Center virtual.

"Teknologi Cloud adalah teknologi pusat data terkini dimana kapasitas pengolahan dan penyimpanan data disediakan secara virtual dan dapat dipenuhi secara instan, jauh lebih cepat dibandingkan teknologi pusat data tradisional dimana perusahaan harus membangun infrastruktur fisik," kata Kresna Adiprawira dalam keterangannya, Minggu (25/12/2022).

Dikatakannya, perseroan mempunyai peluang terbaik saat ini dengan posisi kompetitor yang masih minim, diiringi dengan Revenue Stream dari Managed Cloud ELIT yang terus bertambah.

BERITA TERKAIT

Hal ini secara nyata tercermin dari pencapaian Revenue hingga periode bulan Oktober tahun 2022 yang berhasil tumbuh tajam sebesar 100,17 persen YoY menjadi Rp136,5 miliar.

Baca juga: Saham Ambles Hingga 69 Persen dari Harga IPO, GOTO Kembali Trending Topic di Twitter

“Selain itu, kami masih mempunyai peluang revenue stream lainnya yang dapat dimaksimalkan pendapatannya, seperti Disaster Recovery as a Service (DRaaS), Infrastructure as a Service (IaaS), dan produk unggulan Elitery, seperti Elivision dan Sipandu. Tentunya dengan IPO yang dilakukan ELIT akan semakin memperkuat permodalan ELIT untuk memperlebar jangkauan pelayanan yang diberikan ELIT yakni Managed Service untuk tumbuh lebih cepat lagi," katanya.

Dalam laporan keuangan 2 tahun terakhir, pendapatan Perseroan tumbuh konsisten secara rata-rata tumbuh lebih dari 100 persen tiap tahunnya.

Perf Oktober 2022, pendapatan perseroan tumbuh 100,17 persen menjadi Rp136,5 miliar dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, sedangkan pendapatan perseroan pada buku Desember 2021 juga tumbuh tinggi sebesar 94,12% menjadi Rp90,7 miliar dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Laba netto tahun berjalan perseroan hingga periode 31 Oktober 2022 tumbuh tinggi sebesar 385,31% dibandingkan periode sama tahun sebelumnya menjadi Rp7,5 miliar sehingga menaikkan laba per saham dasar ELIT menjadi Rp11,27 dari periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp3.

Perseroan akan menawarkan sebanyak-banyaknya 500.000.000 saham baru yang merupakan Saham Biasa Atas Nama dengan nilai nominal Rp 25 per lembar.

Jumlah ini setara 24,61 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh.

Harga penawaran umum perdana saham ELIT dalam masa bookbuilding adalah Rp120 – Rp150 setiap saham. Dengan rentang harga tersebut, jumlah seluruh nilai Penawaran Umum sebanyak-banyaknya adalah Rp 75 miliar.

Setelah dikurangi biaya-biaya emisi, sebanyak 85,71 persen dana yang didapat dari IPO akan digunakan untuk modal kerja seperti pembiayaan proyek baru Perseroan, research and development, perekrutan dan pelatihan tenaga profesional, biaya operasional serta pemasaran dan promosi.

Sedangkan sisanya, akan digunakan untuk CAPEX perseroan yakni untuk pembelian server sekitar Rp 10 miliar.
 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas