Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Pejuang Cicilan KPR, Lakukan 3 Tips Mudah Ini untuk Atur Keuangan!

Dengan memanfaatkan fitur 360 Digital Wealth, Anda dapat mewujudkan berbagai tujuan finansial dengan membantu perencanaan keuangan agar lebih optimal.

Penulis: Anniza Kemala
zoom-in Pejuang Cicilan KPR, Lakukan 3 Tips Mudah Ini untuk Atur Keuangan!
Istimewa
Ilustrasi mengatur keuangan dan cicilan KPR 

TRIBUNNEWS.COM – Memasuki tahun 2023, ancaman resesi global menjadi topik hangat yang tak henti dibicarakan di Indonesia. Dampaknya sudah dirasakan dengan meningkatnya suku bunga acuan Bank Indonesia efektif per November 2022, yaitu sebesar 50 bps atau 0,5 persen, menjadi 5,25%.

Lebih jauh lagi, peningkatan suku bunga acuan juga menimbulkan potensi naiknya suku bunga kredit pemilikan rumah (KPR) perbankan.

Melansir Kontan, Ekonom dari Center of Economic and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira memprediksi bahwa suku bunga KPR diperkirakan akan meningkat hingga 2,5%-3% di tahun 2023 nanti.

Nah, dengan suku bunga KPR yang terus meningkat, memiliki rumah impian pun akan lebih terkendala dengan cicilan yang kian naik.

Namun, Anda tak perlu panik karena kenaikan suku bunga KPR yang terus meningkat. Agar tetap bisa membeli rumah impian meski harga cicilan kian meningkat, Anda bisa mulai menerapkan 3 tips di bawah ini!

1.      Ubah gaya hidup dan kesampingkan kebutuhan yang tidak perlu

Anda mungkin bisa menerapkan gaya hidup frugal living alias gaya hidup irit agar dapat tetap menabung selagi melunasi cicilan KPR.

BERITA TERKAIT

Mungkin tak terlalu mudah untuk memulainya, terlebih Anda perlu mengorbankan kebutuhan yang sudah jadi bagian dari kehidupan sehari-hari, seperti membeli barang-barang untuk self reward, menonton konser, ataupun ngopi setiap hari.

Namun, dengan begitu Anda dapat memperbaiki spending habit secara perlahan dan menyisihkan lebih banyak uang untuk memenuhi kebutuhan pokok serta membayar cicilan KPR.

Contohnya, jika biasanya Anda hanya menyisihkan seperempat dari penghasilan bulanan untuk membayar cicilan KPR, nantinya Anda bisa mempergunakan sepertiganya untuk melunasi angsuran.

2.      Atur kembali rencana dan tujuan finansial

Anda dapat menempatkan pelunasan KPR sebagai prioritas dalam tujuan finansial Anda. Pertama-tama, pastinya Anda perlu mengetahui kebutuhan pokok apa saja yang perlu dipenuhi setiap bulan.

Kedua, kembali evaluasi cicilan dan hutang yang Anda miliki selain KPR, seperti kartu kredit, KTA, hingga paylater.

Saat Anda sudah mengetahui cicilan apa saja yang perlu dilunasi, ada dua opsi yang bisa dilakukan.

Pertama, ada baiknya Anda segera melunasi cicilan lain jika Anda memiliki dana simpanan lebih. Dengan melunasi hutang-hutang tersebut, Anda dapat fokus pada cicilan KPR di kemudian hari.

Cara kedua, bayarlah cicilan KPR dengan mengurangi dana yang ditabung setiap bulannya. Langkah ini akan lebih efektif, karena selain dapat melunasi cicilan KPR lebih cepat, Anda juga menghindari risiko melambungnya bunga floating KPR akibat resesi ekonomi.

3.      Manfaatkan teknologi untuk atur keuangan secara detail

Mengatur keuangan memang pekerjaan yang memusingkan, terlebih jika Anda memiliki pengeluaran dan cicilan yang begitu beragam.

Kabar baiknya, seiring dengan kemajuan teknologi, kini hadir berbagai platform yang dapat membantu Anda untuk merencanakan keuangan secara optimal serta menjaga kesehatan finansial.

Umumnya, jenis teknologi ini memiliki fitur untuk membantu mengatur kebutuhan dan pengeluaran, membagi jenis pendapatan, memantau rencana finansial,  bahkan mengelola pinjaman dan cicilan.

Salah satu platform yang memiliki fungsi ini adalah M2U ID App melalui fitur 360 Digital Wealth.

Fitur 360 Digital Wealth pada M2U ID App memungkinkan Anda untuk mengelola keuangan secara mudah hanya lewat satu genggaman.

Fitur 360 Digital Wealth pada M2U ID App maybank.co.id
Fitur 360 Digital Wealth pada M2U ID App (maybank.co.id)

Dengan memanfaatkan fitur 360 Digital Wealth, Anda dapat mewujudkan berbagai tujuan finansial dengan membantu perencanaan keuangan agar lebih optimal. Anda bisa membuat perencanaan dan mendapatkan simulasi serta rekomendasi produk untuk wujudkan impian Anda.

Selain itu, Anda juga bisa mengatur pengeluaran dari seluruh transaksi kartu kredit, debit, QR Pay dan e-wallet. Bahkan, Anda dapat memilih kategori pengeluaran agar lebih praktis memonitor semua transaksi yang dilakukan.

Tak ketinggalan, Anda juga dapat memonitor pengeluaran dan mengelola portofolio tabungan, investasi, aset, dan pinjaman dengan lebih mudah, termasuk cicilan pinjaman KPR.

Dengan memanfaatkan berbagai fitur yang terdapat di 360 Digital Wealth, Anda dapat mengelola keuangan dan mengatur cicilan dengan mudah dan terperinci melalui genggaman. Anda tak perlu lagi khawatir dengan suku bunga KPR yang naik di tengah resesi.

Unduh M2U ID App sekarang juga dan mulai atur keuangan dengan optimal untuk wujudkan tujuan finansial Anda! Untuk mengetahui informasi lebih dalam mengenai fitur 360 Digital Wealth, langsung kunjungi link berikut ini.

Admin: Sponsored Content
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas