Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Stok Beras Pemerintah 600 Ribu Ton, Kepala Bulog: Aman hingga Idul Fitri

Stok cadangan beras pemerintah (CBP) berada di angka 683.000 ton per 19 Januari 2023 dan dinyatakan cukup untuk kebutuhan hingga Lebaran tiba.

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Stok Beras Pemerintah 600 Ribu Ton, Kepala Bulog: Aman hingga Idul Fitri
Tribunnews/Bambang Ismoyo
Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Perum Bulog mengungkapkan stok cadangan beras pemerintah (CBP) berada di angka 683.000 ton per 19 Januari 2023.

Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso mengatakan, stok tersebut dinilai aman hingga periode Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini.

"Stok sekarang lebih dari 600 ribu ton. Untuk puasa lebaran sangat cukup, karena apa? nanti Maret sesuai prediksi data BPS dan Kementan, Maret sudah mulai panen raya," ucap pria yang akrab disapa Buwas di Kantor Perum Bulog Jakarta, Jumat (20/1/2023).

Pasca panen raya, Perum Bulog bakal langsung mendistribusikan lebih dari 1 juta ton beras medium melalui operasi pasar.

Tak tanggung-tanggung, perusahaan pelat merah yang bergerak di sektor pangan ini menargetkan ada 2,4 juta ton beras yang digelontorkan.

"Kita punya target minimal 1 juta. Tapi kalau bisa 2 juta kenapa hanya 1 juta? Karena tugas kita 2,4 juta beras," papar Buwas.

BERITA TERKAIT

"Mudah-mudahan panen Maret-Juni itu produksinya besar. Jadi kita bisa serap 100 persen dari dalam negeri dengan jumlah yang banyak," lanjutnya.

Sebelumnya, Perum Bulog memastikan fungsi stabilisasi harga pangan khususnya beras terus berjalan melalui program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) atau dikenal Operasi Pasar beras di seluruh wilayah Indonesia.

Baca juga: Harga Beras Terpantau Stabil Sejak Awal Desember, Meski Tengah Terjadi Krisis Stok Beras

Pihaknya menggelontorkan sebanyak 100 ribu ton beras SPHP pada awal Januari 2023 untuk meredam gejolak kenaikan harga beras di pasaran.

Sesuai arahan Presiden, Buwas telah mengeluarkan instruksi ke seluruh jajaran Bulog untuk memastikan operasi pasar (program SPHP) yang sudah berjalan lancar di tahun 2022 makin digencarkan lagi guna meredam gejolak harga di pasar.

Baca juga: Badan Pangan Sebut Masyarakat Tak Perlu Panik Stok Beras Aman

“Kami mengimbau masyarakat tidak perlu khawatir karena Bulog menjamin kebutuhan beras tersedia di masyarakat dengan harga terjangkau walau di pasaran ada kenaikan harga," pungkas Buwas.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas