Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Perusahaan Media di AS Dilanda Badai PHK, Setelah Washington Post dan CNN Kini Giliran Vox Media

Vox Media, penerbit majalah New York dan pemilik media online Vox.com, Eater, serta The Verge, menjadi perusahaan media terbaru yang umumkan PHK

Penulis: Nur Febriana Trinugraheni
Editor: Sanusi
zoom-in Perusahaan Media di AS Dilanda Badai PHK, Setelah Washington Post dan CNN Kini Giliran Vox Media
Dok. Jobplanet
Ilustrasi PHK. Sektor media dan teknologi Amerika Serikat dalam beberapa bulan terakhir mengumumkan pemutusan hubungan kerja. Penurunan pendapatan iklan telah menyebabkan gelombang PHK di sektor ini. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nur Febriana Trinugraheni
 
TRIBUNNEWS.COM, NEW YORK - Sektor media dan teknologi Amerika Serikat dalam beberapa bulan terakhir mengumumkan pemutusan hubungan kerja (PHK) di tengah kekhawatiran penurunan ekonomi global.

Dari CNN, Buzzfeed, hingga Washington Post menghadapi masa-masa sulit dalam beberapa bulan terakhir, karena pengiklan memperketat pengeluaran mereka menyusul ketidakpastian ekonomi.

Penurunan pendapatan iklan telah menyebabkan gelombang PHK di sektor ini.

Baca juga: Usai PHK Massal, JD.ID Tutup Layanan JDL Express

Vox Media, penerbit majalah New York dan pemilik media online Vox.com, Eater, serta The Verge, menjadi perusahaan media terbaru yang mengumumkan PHK terhadap tenaga kerjanya.

Merangkum dari Tribunnews, berikut ini daftar perusahaan media yang mengumumkan PHK:

1. Vox Media 

Pemilik situs web berita dan opini Vox.com, situs web teknologi The Verge dan New York Magazine, mengumumkan PHK terhadap 7 persen stafnya atau sekitar 130 karyawan pada Jumat (20/1/2023).

BERITA TERKAIT

“Kami mengalami dan mengharapkan lebih banyak tekanan ekonomi dan keuangan yang sama yang dihadapi orang lain di industri media dan teknologi,” kata kepala eksekutif Vox Media Jim Bankoff, dalam sebuah memo yang dikirim ke staf perusahaannya.

Baca juga: Sebelum Muncul Rumor PHK Lagi, Spotify Sudah Pecat 38 Karyawan Divisi Studio Podcast

Bankoff menambahkan, kondisi ekonomi yang sulit telah memaksa Vox Media untuk fokus pada bisnis intinya.

“Sayangnya, dalam iklim ekonomi seperti ini, kami tidak dapat mempertahankan proyek dan area bisnis yang belum berjalan seperti yang diharapkan, kurang inti dari peluang terbesar yang kami lihat di tahun-tahun mendatang, atau di mana kami tidak memiliki alasan yang cukup untuk mendukung investasi berkelanjutan dalam apa yang bisa menjadi penurunan yang berkepanjangan," tulis Bankoff dalam memo tersebut.

2. BuzzFeed

Perusahaan berita dan hiburan media internet yang berbasis di Amerika Serikat BuzzFedd melakukan PHK atas 12 persen tenaga kerjanya atau sekitar 180 karyawannya.

Melansir dari Variety, PHK tersebut dilakukan perusahaan dalam upaya untuk memangkas biaya karena BuzzFedd menghadapi hambatan termasuk penurunan dalam pendapatan iklan.

Ilustrasi BuzzFeed.
Ilustrasi BuzzFeed. (Fox Business)

BuzzFedd memberi tahu karyawan yang terkena dampak PHK melalui email yang dikirim pada Selasa (6/12/2022).

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas