Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Pedagang dan Pengelola Pasar Rakyat Disebut Dapat Tingkatkan Omzet Bila Masuk ke Ekosistem Digital

Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga mengatakan, apabila pedagang dan pengelola pasar rakyat masuk ke dalam ekosistem digital

Penulis: Endrapta Ibrahim Pramudhiaz
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Pedagang dan Pengelola Pasar Rakyat Disebut Dapat Tingkatkan Omzet Bila Masuk ke Ekosistem Digital
WARTA KOTA/WARTA KOTA/ANGGA BHAGYA NUGRAHA
Ilustrasi: Pedagang tengah menata telur ayam di Agen Kios Telur Kawasan Kramat Sentiong, Senen, Jakarta Pusat 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Endrapta Pramudhiaz

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga mengatakan, apabila pedagang dan pengelola pasar rakyat masuk ke dalam ekosistem digital, dapat meningkatkan omzet.

“Masuknya pedagang dan pengelola pasar rakyat ke dalam ekosistem digital dapat meningkatkan omzet pedagang dan pendapatan pengelolaan pasar rakyat," ungkap Jerry dalam keterangannya, dikutip Rabu (8/3/2023).

"Hingga akhir 2022, Kementerian Perdagangan telah mencapai penerapan digitalisasi 3.588 pasar rakyat dan digitalisasi 250.062 pedagang pasar rakyat," katanya melanjutkan.

Baca juga: Kunjungi Pasar Rakyat Kosgoro 1957, Airlangga Bicara Manfaat untuk Pemulihan Ekonomi

Menurut Jerry, target Kemendag dalam capaian digitalisasi dapat dicapai melalui beberapa kerja sama dan kolaborasi nyata.

Hal itu seperti pembayaran nontunai Sehat, Inovatif, Aman, Pakai QRIS (SIAP QRIS) bersama Bank Indonesia dan Pos Indonesia; dan pemanfaatan lokapasar melalui Tokopedia dan Tumbasin.

Lalu, pemanfaatan pengantaran on demand melalui GrabMart; penerapan situs web pasar, informasi harga dan pencatatan omzet pasar melalui SISP; serta penerapan pembayaran retribusi secara elektronik melalui perbankan daerah dan nasional.

BERITA TERKAIT

Jerry berujar digitalisasi bukan hanya soal memudahkan transaksi, namun lebih dari itu. Contohnya, efektivitas perdagangan menjadi lebih cepat.

“Manfaat digitalisasi, bukan hanya semata memudahkan transaksi, tetapi jauh lebih luas dan substantif. Efektivitas perdagangan, inklusi keuangan, serta kesempatan usaha dalam bidang perdagangan dan rantai pasok juga akan lebih efektif dan cepat berkat transformasi digital pada ekosistem pasar. Selain itu, lebih aman dan lebih rapi administrasinya,” ujar Jerry.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas