Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Menjelang Ramadan GoTo PHK 600 Karyawan, Ini Alasan Manajemen

GoTo juga memastikan karyawan yang terdampak akan memperoleh dukungan dari perusahaan selama masa transisi.

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Menjelang Ramadan GoTo PHK 600 Karyawan, Ini Alasan Manajemen
Istimewa
Ilustrasi. PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk atau GoTo, kembali melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap karyawannya menjelang bulan suci Ramadan 2023. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk atau GoTo, kembali melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap karyawannya menjelang bulan suci Ramadan 2023.

Jumlah karyawan yang terkena dampak sebanyak 600 orang.




Berdasarkan keterangan manajemen, alasan keputusan PHK karena perusahaan ingin melalukan efisiensi.

Hal ini sejalan dengan adanya pengkonsolidasian sejumlah bisnis dan tim dalam ekosistem GoTo, untuk menghadirkan organisasi yang lebih ramping serta lebih siap untuk menanggapi permintaan pasar.

Baca juga: GoTo Kembali PHK 600 Karyawan Usai Memangkas 1.300 Orang pada Tahun Lalu

Manajemen juga mengatakan, konsolidasi dan sentralisasi yang dilakukan untuk beberapa fungsi penunjang bisnis akan menjadi shared resources atau sumber daya bersama.

Yang diharapkan akan mampu untuk menghadirkan layanan berkualitas di seluruh ekosistem, sekaligus menghindari adanya duplikasi fungsi dalam unit bisnis.

BERITA TERKAIT

GoTo juga meninjau kembali prioritas, dan akan mengurangi skala atau menunda kegiatan bisnis serta inisiatif yang bukan merupakan layanan inti.

Contohnya, akan mengurangi beberapa bagian dari layanan Mitra Tokopedia, agar sumber daya perusahaan dapat difokuskan pada kegiatan yang akan mendorong dampak lebih besar. Dan dalam kondisi dimana kebutuhan perekrutan menurun, pihaknya juga melakukan restrukturisasi di tim rekrutmen.

"Langkah-langkah penyesuaian tersebut sayangnya akan memengaruhi sekitar 600 posisi dalam ekosistem GoTo," ucap Manajemen dalam pernyataan resminya, Jumat (10/3/2023).

Dalam keterangan tersebut, GoTo juga memastikan karyawan yang terdampak akan memperoleh dukungan dari perusahaan selama masa transisi.

Dimana dukungan yang diberikan akan lebih dari yang diwajibkan oleh peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, dan mencakup dukungan finansial, karier, dan kesejahteraan.

Selain itu, langkah penyesuaian atau PHK ini dipastikan Manajemen tidak akan memengaruhi layanan yang diberikan GoTo kepada konsumen, mitra pengemudi, dan pedagang.

"Setiap karyawan telah berperan penting dalam perjalanan GoTo, dan kami sangat mengapresiasi kontribusi mereka dalam membangun bisnis dan bersama-sama mendukung GoTo untuk mencapai misi perusahaan," pungkasnya.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas