Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Kementerian Perhubungan Siapkan Tiga Langkah Antisipasi Lonjakan Penumpang Angkutan Laut

Kemenhub akan melakukan pembatasan angkutan logistik menjelang hari Lebaran, sebagai upaya menekan keramaian di setiap pelabuhan.

Penulis: Nitis Hawaroh
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Kementerian Perhubungan Siapkan Tiga Langkah Antisipasi Lonjakan Penumpang Angkutan Laut
HO
Ilustrasi. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati, menyiapkan tiga langkah antisipasi dalam menghadapi lonjakan penumpang dan lalu lintas pergerakan angkutan laut pada masa mudik Lebaran 2023. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nitis Hawaroh

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati, menyiapkan tiga langkah antisipasi dalam menghadapi lonjakan penumpang dan lalu lintas pergerakan angkutan laut pada masa mudik Lebaran 2023.

Adita mengatakan, langkah pertama yakni menyiapkan armada kapal penumpang di berbagai pelabuhan.




"Di Pelabuhan Tanjung Priok misalnya, telah disiapkan 15 kapal penumpang dengan total kapasitas 16.767 orang, untuk mengantisipasi lonjakan penumpang kapal laut yang terjadi pada masa mudik Lebaran tahun ini," ujar Adita dalam keterangannya, Senin (27/3/2023).

Baca juga: Kuota Mudik Gratis Angkutan Laut Kementerian Perhubungan Sisa 4.304 Orang

Adita menjelaskan, langkah kedua yaitu melakukan uji petik atau inspeksi keselamatan pada kapal-kapal yang telah disiapkan. Hal tersebut untuk memastikan kapal yang beroperasi dalam keadaan laik laut.

Dikatakan Adita, uji petik itu telah dilakukan di Pelabuhan Tanjung Priok, Pelabuhan Samarinda, Surabaya, Pelabuhan Makassar, Pelabuhan Batam, Banyuwangi, Pelabuhan Palembang, serta Pelabuhan Belawan.

Selanjutnya, langkah ketiga yakni menyiapkan fasiltias Command Center, salah satunya di Pelabuhan Tanjung Priok.

BERITA TERKAIT

"Fasilitas ini akan menjadi pusat pengendalian operasi container dan non-container (multipurpose), termasuk pelayanan kapal," tuturnya.

Adita menyatakan, langkah tersebut mampu meminimalisir terjadinya keramaian. Terlebih adanya pembatasan angkutan logistik menjelang hari Lebaran.

"Kami juga terus berupaya mengurai kepadatan di pelabuhan saat lebaran, salah satunya dengan mengkaji kemungkinan penggunaan Pelabuhan Bojanegara dan Pelabuhan Bandar Jaya untuk memperkuat Pelabuhan Merak dan Pelabuhan Ciwandan," ungkapnya.

Di sisi lain, Adita mengatakan, Kemenhub tengah berkoordinasi dengan Pelindo dan stakeholder terkait untuk mengupayakan fasilitas mudik gratis bagi pekerja dan buruh di lingkungan sekitar Pelabuhan Tanjung Priok dan Pelabuhan Tanjung Perak, dengan menggunakan bus atau kereta api.

"Diharapkan upaya ini dapat mengurangi jumlah pemudik pengguna sepeda motor yang potensi kecelakaannya sangat tinggi," tegasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas