Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Rakor Persiapan Mudik Lebaran 2023: Kecelakaan Lalu Lintas Tertinggi di Tempat Wisata

Berdasar informasi yang dipaparkan Kemenhub dan Polri, mayoritas angka kecelakaan lalu lintas terjadi di ruas jalan menuju tempat wisata.

Penulis: Abdi Ryanda Shakti
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Rakor Persiapan Mudik Lebaran 2023: Kecelakaan Lalu Lintas Tertinggi di Tempat Wisata
SERAMBINEWS.COM/ IDRIS ISMAIL
Personel Satlantas Polres Pijay menutup mobil rombongan Pj Bupati Aceh Timur yang rusak berat usai kecelakaan lalu lintas, Rabu (8/3/2023) dini hari WIB. Berdasar informasi yang dipaparkan Kemenhub dan Polri, mayoritas angka kecelakaan lalu lintas selama periode mudik Lebaran terjadi di ruas jalan menuju tempat wisata. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdi Ryanda Shakti

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Polri bersama TNI dan kementerian terkait menggelar rapat koordinasi (rakor) persiapan mudik Lebaran 2023 di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (6/4/2023).

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, titik rawan kecelakaan selama mudik Lebaran menjadi salah satu topik bahasan.

Berdasar informasi yang dipaparkan Kemenhub dan Polri, mayoritas angka kecelakaan lalu lintas terjadi di ruas jalan menuju tempat wisata.

"Berdasarkan laporan dari Menteri Perhubungan dan juga bapak Kapolri ini yang mohon diwaspadai oleh para mereka yabg akan mudik bahwa kecelakaan banyak terjadi di tempat-tempat wisata," kata Muhajir.

Muhajir mengatakan semakin jauh rute perjalanan yang ditempuh pemudik, semakin besar peluang untuk terjadinya kecelakaan.

Untuk itu, dia meminta agar para pemudik tetap menjaga stamina dan kondisi tubuh sebelum melakukan perjalanan mudik.

BERITA TERKAIT

"Jadi semakin jauh perjalanan itu semakin peluang untuk terjadinya kecelakaan tinggi, makanya disarankan supaya mereka yang melakukan perjalanan-perjalanan sangat jauh supaya sering beristirahat," tuturnya.

Baca juga: Pemerintah Beri Diskon Bayar Tol Cikatama-Kalihurip Saat Arus Mudik Lebaran 2023, Catat Jadwalnya

Selain itu, dalam rakor tersebut juga dibahas terkait akan diterapkannya diskon untuk tol hingga transportasi umum bagi pemudik.

Hal ini karena data yang ada, prediksi masyarakat yang akan melakukan mudik naik dari tahun sebelumnya yakni sebanyak 123,8 juta orang.

Baca juga: Jadwal Keberangkatan Favorit Pemudik Lebaran di Periode 17 hingga 28 April 2023

"Untuk itu sesuai dengan arahan bapak Presiden kita harus menyiapkan dengan sebaik-baiknya agar bisa di tekan insiden maupun kecelakaan apalagi kecelakaan yang fatal," jelasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas