Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Ahli Beberkan Tips Menggunakan E-Commerce Untuk Promosi Usaha

Para ahli memberikan beberapa tips menggunakan E-Commerce untuk memrpomosikan usaha.

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Ahli Beberkan Tips Menggunakan E-Commerce Untuk Promosi Usaha
ist
Diskusi "Tips Menggunakan E-Commerce Untuk Promosi Usaha" yang dilakukan secara daring (Online) melalui aplikasi Zoom meeting. Peserta webinar terdiri dari Kelompok Masyarakat Bali, Nusa Tenggara dan Sekitarnya. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Para ahli memberikan beberapa tips menggunakan E-Commerce untuk mempromosikan usaha.

Penting bagi para pengguna internet untuk memperhatikan sistem keamanan digital.

Utamanya, sebelum bertransaksi menggunakan E-Commerce.

Ketua Relawan TIK Provinsi Bali I Gede Putu Krisna Juliharta menerangkan, dari sisi keamanan digital, dibalik kemudahan menggunakan E-Commerce terdapat beberapa risiko.

"Salah satunya penyalahgunaan data pribadi user, cracking, hacking, phising dan penipuan," kata dia saat diskusi daring dikutip, Jumat (7/4/2023).

Disampaikan dalam diskusi "Tips Menggunakan E-Commerce Untuk Promosi Usaha" yang dilakukan secara daring (Online) melalui aplikasi Zoom meeting. Peserta webinar terdiri dari Kelompok Masyarakat Bali, Nusa Tenggara dan Sekitarnya.

Selain itu, menurut I Gede Putu, terdapat beberapa tips yang perlu diperhatikan masyarakat sebelum bertransaksi. Pertama, usahakan jangan memberikan DP sebelum barang dikirim.

BERITA TERKAIT

"Kemudian, cari tahu reputasi penjual, cek ulasan produk, apakah harganya masuk akal. Lindungi akun anda dengan gunakan password yang berbeda di setiap layanan, gunakan 2FA dan waspada penggunaan WI-FI Public," terangnya.

Dosen Komunikasi sekaligus News Presenter Dewi Leba menyampaikan bahwa budaya digital merupakan teknologi dalam membentuk polapikir seseorang secara signifikan di dalam lingkungan masyarakat.

"Utamakan kesopanan dimedia sosial karena jejak digital tidak akan pernah hilang. Selain itu Ada bebarapa Batasan yang perlu diperhatikan dalam berekspresi yaitu tidak menyebarkan pornografi, hatespeech dan diskriminasi. Jangan copy paste tapi lakukan Amati Tiru dan Modifikasi," terangnya.

Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Mataram, yang juga Ketua Korwil Aspikom NTB Hartin Nur Khusnia menyampaikan per Januari 2023 pengguna internet di Indonesia mencapai 77 persen dari populasi penduduk Indonesia tetapi sub index kecakapan digital memiliki skor terendah.

Baca juga: Fintech Dorong Transaksi Keuangan dengan Cepat

"Dalam mencapai kecakapan digital kita harus paham perangkat digital serta mampu mengoptimalkan, menyeleksi dan memverifikasi informasi yang didapatkan dengan mengenal ekosistem transaksi daring," ucapnya.

Selain itu, pengguna wajib mengetahui, memahami dan menggunakan hardware & software.

"Jadilah insan yang cakap paham, produksi, distribusi, partisipasi dan kolaborasi. Cakap produksi konten2 positif dan MENARIK. Cakap juga dengan dompet digital, lokapasar dan transaksi digital," katanya.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas