Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Kementerian Perhubungan Catat 7.359 Motor Telah Terdaftar Program Motor Gratis

Untuk lintas utara, ada 2.448 motor dengan rincian 1.304 saat mudik dan 1.144 saat balik.

Penulis: Endrapta Ibrahim Pramudhiaz
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Kementerian Perhubungan Catat 7.359 Motor Telah Terdaftar Program Motor Gratis
Endrapta Pramudhiaz
Konferensi pers Penyelenggaraan Program Mudik dan Angkutan Motor Gratis pada Lebaran 2023 oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Senin (10/4/2023). 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Endrapta Pramudhiaz

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian menyelenggarakan mudik angkutan motor gratis (motis) pada periode Lebaran 2023.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Direktorat Jenderal Perkeretaapian Djarot Tri Wardhono mengatakan, hingga saat ini sudah ada 7.359 motor yang terdaftar dalam program motis.

"Hingga pukul 1 siang tadi, sudah 7.300an yang terdaftar dari kapasitas kita 10.440. Ini tinggal sedikit lagi kira-kira dari yang disediakan secara kapasitas. Ya, kira-kira 20 persen yang belum kita penuhi," katanya dalam konferensi pers di Kemenhub, Senin (10/4/2023).

Baca juga: 23 Ribu Pemudik Ikut Program Mudik Gratis Polda Metro Jaya Tujuan Jabar, Jateng dan Jatim

Menurut dia, masyarakat cukup antusias mengikuti program motis ini. Hal itu dapat dilihat dari distribusi setiap lintas. Ada lintas utara, tengah, dan selatan.

"Lumayan antusias masyarakat mengangkut motornya dengan program motis ini. Bisa saya tunjukkan bagaimana distribusi masing-masing lintas. Jadi, utara, tengah, dan selatan," ujar Djarot.

Untuk lintas utara, ada 2.448 motor dengan rincian 1.304 saat mudik dan 1.144 saat balik. Kemudian pada lintas tengah, ada 3.518 motor dengan rincian 1.747 saat mudik dan 1.771 saat balik. Pada lintas selatan, ada 1.393 motor dengan rincian 690 saat mudik dan 703 saat balik.

BERITA REKOMENDASI

"Agak sedikit untuk lintas selatan. Ini yang kita coba dorong lagi untuk mudik motis," kata Djarot.

Lintas utara memiliki rute Cilegon-Jakarta Gudang-Semarang Tawang. Lalu, lintas tengah dengan rute Jakarta Gudang-Purwosari. Kemudian, lintas selatan dengan rute Kiaracondong-Purwosari.

Sebagai informasi, pendaftaran motis telah dibuka sejak 1 Maret hingga 3 Mei 2023 mendatang. Pemudik yang mendaftar program ini dapat membeli tiket kereta api penumpang dengan harga antara Rp 10 ribu atau Rp 20 ribu tergantung jarak pelayanan.

Persyaratannya adalah KTP, SIM, Kartu Keluarga, dan STNK. Lalu, besaran motor yang diperbolehkan adalah yang di bawah 200 cc. Pemudik bisa mendaftar melalui mudikgratis.dephub.go.id.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas