Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Saham LVMH Naik, Kapitalisasi Pasarnya Mendekati 500 Miliar Dolar AS

Kapitalisasi pasar LVMH Moët Hennessy Louis Vuitton (LVMH), perusahaan terbesar di Eropa berdasarkan nilai pasar

Penulis: Nur Febriana Trinugraheni
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Saham LVMH Naik, Kapitalisasi Pasarnya Mendekati 500 Miliar Dolar AS
HO
CEO LVMH Bernard Arnault. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Nur Febriana Trinugraheni

TRIBUNNEWS.COM, PARIS - Kapitalisasi pasar LVMH Moët Hennessy Louis Vuitton (LVMH), perusahaan terbesar di Eropa berdasarkan nilai pasar, meningkat setelah sahamnya mengalami kenaikan.

Penjualan kuartal pertama tahun ini memicu kenaikan harga saham perusahaan barang mewah tersebut sebesar 5 persen pada Kamis (13/4/2023).

Dikutip dari Bloomberg, kenaikan tersebut memberikan reli 29 persen untuk tahun ini. Hal itu, bersama dengan penguatan euro terhadap dolar, mengangkat kapitalisasi pasar LVMH menjadi 486 miliar dolar AS.

Baca juga: Jumlah Investor Ritel Pasar Modal Tembus 10,31 Juta Pada 2022, Pelaku Usaha Parekraf Berpeluang IPO

Jika nantinya kapitalisasi pasar LVMH mencapai 500 miliar dolar AS, maka LVMH akan menjadi perusahaan Eropa pertama yang mencapai tonggak sejarah tersebut.

"Hal ini menggambarkan kebangkitan orang-orang kaya di seluruh dunia, sebuah masyarakat yang terpolarisasi," kata kepala strategi ekuitas Eropa di AXA Investment Managers, Gilles Guibout.

"Oleh karena itu, sektor mewah mengalami pertumbuhan yang kuat," imbuhnya.

BERITA REKOMENDASI

Bagi para investor, LVMH dan para pesaingnya dari Prancis dianggap seperti perusahaan teknologi besar di Amerika Serikat (AS), dengan bisnis dominan yang pertumbuhannya bertahan bahkan ketika ekonomi melemah.

Saham LVMH dan Hermes International rata-rata telah memberikan keuntungan lebih dari 20 persen per tahun dalam satu dekade terakhir, dan Kering telah memberikan keuntungan 16 persen.

Kering adalah grup internasional yang fokus pada produksi barang mewah. Merek yang dimiliki oleh grup ini antara lain Gucci dan Yves Saint Laurent.

Sedangkan LVMH adalah perusahaan induk merek fesyen mewah dunia seperti Louis Vuitton, Dior, Sephora, Tiffany & Co, Fendi, Celine, Bulgari, Givenchy, Marc Jacobs, dan lainnya.

"Kami selalu berinvestasi di bidang teknologi dan kemewahan, tetapi keuntungan dari kemewahan di bidang teknologi adalah, meskipun ada risiko, gangguan dan keusangannya lebih rendah," ujar Guibout.

Penjualan tas tangan Louis Vuitton dan sampanye Moet Chandon yang kuat, telah mengangkat harga saham LVMH juga telah meningkatkan kekayaan pendirinya, Bernard Arnault.

Baca juga: LVMH Kembali Garap Pasar China Pasca Pembukaan Lockdwn

Arnault adalah orang terkaya di dunia, dengan kekayaan senilai 198 miliar dolar AS, menurut Bloomberg Billionaires Index.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas