Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Yoga Mat Batik Pertama di Dunia

PT Nirvana Indonesia Yoga menginfus motif batik ke dalam peralatan Yoga seperti matras Yoga (Yoga mat) yang terbuat dari material anti slip.

Editor: Content Writer
zoom-in Yoga Mat Batik Pertama di Dunia
Istimewa
Ragam motif batik Indonesia. 

TRIBUNNEWS.COM - Jika mendengar kata batik, maka yang terbayang di benak kita adalah kain ataupun pakaian khas Indonesia. Batik merupakan warisan budaya tak benda Indonesia yang telah diakui oleh UNESCO. Karena begitu luhurnya, kain batik telah menginspirasi dan menemani perjalanan hidup masyarakat Indonesia sejak kecil.

Ketika ditemui di kantornya, Chief Executive Officer (CEO) PT Nirvana Indonesia Yoga, Bapak Rowi mengungkapkan bahwa ide untuk menginfus motif batik ke dalam peralatan Yoga seperti matras Yoga (Yoga mat) muncul ketika beliau flashback pada masa-masa kecil beliau.

“Saya teringat sewaktu saya kecil, saya digendong ibu saya menggunakan kain bercorak batik. Saya juga ingat ketika bertemu nenek semasa kecil, beliau selalu memakai sarung bercorak batik dan baju bermotif Peranakan yang dikombinasikan dengan corak batik,” imbuhnya.

Nirvana Yoga Mat Motif Cendrawasih
Proses pembuatan Yoga mat bermotif burung cendrawasih menggunakan teknik canting tulis. (Istimewa)




Atas hal inilah beliau berinisiatif dalam meluncurkan Yoga mat bermotif batik yang pertama di dunia sejak tahun 2020 lalu. Beliau mengumpamakan sebuah Yoga mat merupakan belahan jiwa dari seorang praktisi Yoga.

"Semua orang pastinya sangat menjaga Yoga mat milik mereka. Dibersihkan sehabis latihan, dan dibelikan tas yang bagus untuk membungkusnya,” ungkap pak Rowi.

Lebih lanjut, ia menambahkan, "Karena memori batik mengingatkan saya pada hal-hal yang tersayang di masa kecil saya, oleh karena itu saya padukan motif batik dalam Yoga mat NIRVANA."

Dilansir dari laman Instagram resmi NIRVANA di @nirvana.id https://instagram.com/nirvana.id, Yoga mat NIRVANA dengan motif batik merupakan produk yang selalu sold out saat hari perdana peluncurannya. Yoga mat batik NIRVANA juga merupakan produk incaran para praktisi Yoga mancanegara yang datang ke Indonesia. Menurut penuturan pak Rowi, seiring dengan peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia sejak dibukanya gerbang bagi wisatawan asing, pemesanan Yoga mat batik oleh warga asing yang sedang berlibur di Indonesia juga meningkat.

Nirvana Yoga Mat Motif Cendrawasih 02
Salah satu desain Yoga mat dari Nirvana yang bermotif burung cendrawasih. (Istimewa)
BERITA TERKAIT

Selain dikenal karena materialnya yang anti selip, Yoga mat batik NIRVANA juga dikenal karena setiap rilisnya memiliki inspirasi desainnya masing-masing. Sebut saja Yoga mat Batik Cenderawasih. Corakan batik ini terinspirasi dari burung legendaris Cenderawasih dari Papua yang divisualisasikan dengan motif batik Sogan dan batik Sekar Jagad. Perpaduan berbagai jenis motif batik ke dalam Yoga mat sesuai dengan cita-cita NIRVANA yang ingin mengangkat warisan budaya bangsa Indonesia ke seluruh dunia melalui produk Yoga mereka.

Produk dengan motif batik di NIRVANA sendiri bukan hal yang baru di NIRVANA. Dari informasi yang kami dapatkan di situs https://nirvana.co.id, NIRVANA telah memadukan corak batik pada pakaian olahraga seperti legging Yoga sejak tahun 2017 lalu.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas