Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Layanan Transportasi Laut di Sumenep dengan Pulau Sekitar Madura Akan Dioptimalkan

Kemenhub akan mengoptimalkan layanan transportasi di Sumenep dan kepulauan sekitar Madura, Jawa Timur.

Penulis: Nitis Hawaroh
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Layanan Transportasi Laut di Sumenep dengan Pulau Sekitar Madura Akan Dioptimalkan
dok.
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat udiensi dengan Bupati Sumenep Achmad Fauzi di kantor Kemenhub, Jakarta. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nitis Hawaroh

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terus mengoptimalkan layanan transportasi di Sumenep dan kepulauan sekitar Madura, Jawa Timur.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, pihaknya siap mendukung pemerintah daerah (Pemda) untuk meningkatkan konektivitas di Pulau Madura.

Dia menambahkan, Kemenhub berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan sarana dan prasarana transportasi, yang ada di Kabupaten Sumenep dan daerah lainnya di Pulau Madura.

"Sesuai arahan Presiden bahwa Madura mendapat perhatian dan kami secara intensif mengupayakan itu. Saat masa mudik Lebaran, saya tugaskan khusus Dirjen Perhubungan Laut untuk memastikan aksesibilitas dari dan ke Madura berjalan baik, dan Alhamdulillah pelaksanaannya relatif tidak ada masalah," kata Menhub Budi, dalam keterangannya, Kamis (18/5/2023).

Menhub Budi mengatakan, sejauh ini, aksesibilitas dari dan menuju Sumenep sudah cukup lengkap. Salah satunya yaitu dengan dibangunnya Bandara Trunojoyo.

"Penerbangan komersil akan terus ditingkatkan melalui kerjasama Pemda, Maskapai dan juga Kemenhub. Dengan bangunan terminal bandara yang cukup luas, bisa dimanfaatkan untuk pengembangan UMKM," ucap dia.

Menhub menyampaikan, pembangunan kapal roro akan dilakukan untuk memperlancar pergerakan kendaraan dan logistik.

"Komoditi pertambangan dan logistik lainnya secara point to point bisa diangkut langsung ke pabrik, sehingga biaya lebih ekonomis dan perjalanan lebih cepat," ujarnya.

Kemudian terkait reaktivasi jalur kereta api di Madura kurang lebih sepanjang 200 Km, Menhub menyebut akan melakukan kajiannya.

Baca juga: Indonesia dan Inggris Bahas Kerjasama Perkeretaapian dan Transportasi Laut

BERITA REKOMENDASI

"Memang di Madura harus dikembangkan angkutan yang lebih massal seperti kereta api. Tetapi ini harus di detailkan lagi studinya dan kami apresiasi jika ada swasta yang mau bekerjasama," jelas Menhub.

Optimalisasi layanan transportasi itu sebagai tindak lanjut aspirasi yang disampaikan Bupati Sumenep Achmad Fauzi. Dia menyampaikan, sejumlah aspirasi terkait layanan transportasi di Sumenep dan sekitarnya.

Fauzi meminta, adanya optimalisasi Bandara Trunojoyo, pembukaan penerbangan perintis, dan reaktivasi jalur kereta api di Madura.

Baca juga: Cara Beli Tiket Kapal Penyeberangan Melalui Ferizy

Kata dia, hal tersebut sebagai tindak lanjut Perpres 80 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Ekonomi di Kepulauan Madura dan sekitarnya.

"Setelah muncul Perpres ini lalu ada pandemi Covid-19. Sekarang setelah Covid sudah selesai, kami sampaikan kembali kepada pemerintah pusat, untuk dilakukan kajian lebih lanjut agar Madura bisa lebih maju lagi," ujar Bupati Achmad Fauzi.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas