Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

KCI Isyaratkan, Layanan Check In Bandara Soekarno-Hatta Bisa di Stasiun BNI City

KAI Commuter akan menindaklanjuti permintaan menhub terkait penyediaan fasilitas check in di stasiun untuk penerbangan Bandara Soekarno-Hatta.

Penulis: Nitis Hawaroh
Editor: Choirul Arifin
zoom-in KCI Isyaratkan, Layanan Check In Bandara Soekarno-Hatta Bisa di Stasiun BNI City
Tribunnews/Nitis
VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba saat konferensi pers di Jakarta, Senin (29/5/2023). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nitis Hawaroh

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Kereta Commuter Indonesia akan menindaklanjuti permintaan Menteri Perhubungan terkait penyediaan fasilitas check in di stasiun untuk penerbangan Bandara Soekarno-Hatta.

VP Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba menyatakan, pihaknya tengah mengaji stasiun-stasiun yang dinilai pas untuk pelaksanaan check in tersebut.




Namun, dia mengaku saat ini Stasiun BNI City dinilai lebih cocok untuk merealisasikan usulan Menhub. 

"Kami sedang melakukan kajian, stasiun mana yang paling tepat untuk dilakukan check in. Tapi sementara ini, yang sudah mungkin hampir pasti itu di BNI City," kata Anne saat Konferensi Pers di Kantornya, Senin (29/5/2023).

Meski demikian, Anne menegaskan bakal melakukan koordinasi lebih lanjut dengan Angkasa Pura II, untuk memastikan pelayanan check in di stasiun kereta.

"Tapi nanti mungkin stasiun-stasiun mana yang nanti bisa dijadikan untuk check in pesawat, kami juga perlu komunikasi ke Angkasa Pura, kemudian juga ke operator penerbangan. Dan nanti jadwal-jadwalnya juga harus kami sesuaikan dengan jadwal kereta bandara," jelasnya.

BERITA TERKAIT

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta penyediaan counter check-in dan bagasi untuk perjalanan penerbangan Bandara Soekarno-Hatta, bisa dilakukan di stasiun kereta api.

Hal tersebut demi memudahkan masyarakat yang akan menuju bandara maupun sebaliknya. Menhub Budi berujar, itu juga menjadi salah satu upaya dalam meningkatkan layanan kereta api dari dan ke Bandara Soetta.

Baca juga: Stasiun BNI City Kini Layani Naik dan Turun Penumpang KRL

 
"Orang yang akan ke bandara atau sebaliknya pasti membawa barang. Kami akan pikirkan bagaimana check in itu tidak perlu di bandara tetapi bisa di stasiun Manggarai atau Bekasi," ujar Menhub Budi.

"Begitupun sebaliknya dari bandara, bisa ambil barangnya di stasiun tujuan. Kemudahan-kemudahan ini yang akan kami upayakan," sambungnya.

Menhub mengungkapkan, angkutan kereta api menjadi salah satu angkutan yang dapat diandalkan untuk bermobilitas dari Jabodetabek menuju ke Bandara Soetta. 

Baca juga: Jadwal Terbaru Kereta Bandara Soekarno-Hatta per 1 Juni 2023, Simak Daftar Tarif dan Cara Pesannya

Menurutnya, kereta api adalah moda yang tepat waktu, nyaman dan bisa menjangkau setiap tempat.

Kemudian, upaya lain yang bakal dilakukan yaitu dengan menambah rute perjalanan kereta api dari dan ke Bandara Soetta sampai ke Stasiun Bekasi, dengan rute Bekasi, Jatinegara, Pasar Senen, Kampung Bandan, Duri, hingga Stasiun Bandara Soetta dan sebaliknya. 

Integrasi dapat dilakukan termasuk menjangkau hingga ke Stasiun Bekasi, karena KA bandara saat ini dikelola oleh KAI Commuter sehingga bisa diselaraskan dengan jadwal KRL. 

Selanjutnya, memaksimalkan fasilitas-fasilitas yang ada di stasiun di Jabodetabek seperti fasilitas park and ride. 

"Penambahan fasilitas ini bisa dilakukan dengan cara bekerjasama dengan pihak swasta," jelas dia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas