Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

PUPR Targetkan Tol Tebing Tinggi–Serbelawan Sumut Kelar Juli 2023: Sedikit Lagi Selesai

Kehadiran jalan tol sepanjang total 143,25 km ini disebut akan meningkatkan konektivitas di Sumatera Utara.

Penulis: Endrapta Ibrahim Pramudhiaz
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in PUPR Targetkan Tol Tebing Tinggi–Serbelawan Sumut Kelar Juli 2023: Sedikit Lagi Selesai
PUPR
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) tengah mempercepat pembangunan Jalan Tol Kuala Tanjung - Tebing Tinggi - Parapat di Sumatera Utara. 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Endrapta Pramudhiaz

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) tengah mempercepat pembangunan Jalan Tol Kuala Tanjung - Tebing Tinggi - Parapat di Sumatera Utara.

Kehadiran jalan tol sepanjang total 143,25 km ini disebut akan meningkatkan konektivitas di Sumatera Utara.




Selain itu, juga mempermudah akses wisatawan khususnya dari kota Medan menuju Destinasti Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba dan Pelabuhan Kuala Tanjung.

Baca juga: 7 Kritik Terbaru Anies Baswedan dalam 2 Hari Terakhir: Soal Persekusi, Kasus BTS hingga Jalan Tol

Ruas tol Tebing Tinggi - Indrapura - Kisaran dan ruas tol Kuala Tanjung - Tebing Tinggi - Parapat merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatra yang menghubungkan Tebing Tinggi dengan Pelabuhan Kuala Tanjung.

Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan, Endra S. Atmawidjaja mengatakan, tol ini dapat mendukung pengembangan kawasan industri dan wisata di Sumatera Utara.

Pria yang juga Juru Bicara Kementerian PUPR itu berujar, Tol Tebing Tinggi - Indrapura - Kisaran adalah bagian dari backbone jalan logistik, jalan utama di samping jalan-jalan lintas Trans Sumatra yang sudah dibangun sebelumnya.

BERITA TERKAIT

"Jadi, selain kita membangun jalan backbone sebagai jalan logistik, kita juga bangun feedernya. Feeder pertama dari Indrapura ke Kuala Tanjung, feeder kedua dari Tebing Tinggi ke arah pariwisata Parapat,” kata Endra dalam keterangannya, dikutip Selasa (30/5/2023).

Pembangunan Tol Kuala Tanjung -Tebing Tinggi - Parapat terbagi menjadi 6 seksi dengan nilai investasi Rp13,4 triliun.

Seksi 1-4 dikerjakan melalui skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). Seksi 2 dan 3 bersama PT Waskita Karya, sedangkan seksi 1 dan 4 bersama PT Hutama Karya.

Sedangkan untuk seksi 5 dan 6 menjadi porsi pemerintah.

Baca juga: Awal Golden Week di Jepang, Kemacetan Panjang di Jalan Tol Tomei Tokyo hingga Mencapai 10 Km

Progres pembangunan Seksi 1 Tebing Tinggi - Indrapura sepanjang 20,4 km saat ini sudah selesai 100 persen dan Seksi 2 Indrapura - Kuala Tanjung sepanjang 18,05 km mencapai 87,2 persen.

Lalu, Seksi 3 Tebing Tinggi - Serbelawan sepanjang 30 km sudah 79,3 persen dan Seksi 4 Serbelawan - Pematang Siantar sepanjang 28 km telah mencapai 63,7 persen.

"Untuk seksi 1 hingga 3 sekarang ini sedikit lagi selesai, tinggal pekerjaan MCB, guard rail, penanganan jalan, gate, pekerjaan tebing, dan marka jalan," kata Endra.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas