Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Pandemi Covid-19 Makin Melandai, Pengembang Optimis Industri Properti Akan Bertumbuh

Pemerintah diharapkan menghasilkan kebijakan-kebijakan yang mendukung pertumbuhan industri properti.

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Pandemi Covid-19 Makin Melandai, Pengembang Optimis Industri Properti Akan Bertumbuh
HO
PT Summarecon Agung Tbk (SMRA) menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan di Jakarta, Kamis (15/6/2023). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bank Dunia pada tahun ini telah mengindikasikan ekonomi global akan melambat karena risiko resesi di berbagai belahan dunia akibat tekanan inflasi, kenaikan suku bunga, krisis energi, dan ketegangan geopolitik. 

Namun, di sisi lain pandemi Covid-19 telah makin melandai, sehingga diyakini pengembang, industri properti akan mengalami pertumbuhan yang positif pada tahun ini. 

Presiden Direktur PT Summarecon Agung Tbk (SMRA) Adrianto P. Adhi mengatakan, perseroan akan terus melakukan konsolidasi dan memperkuat, serta mengembangkan kompetensi agar terus mampu memanfaatkan bangkitnya industri properti pasca Covid-19.

Baca juga: Sempat Terpukul Pandemi, Bisnis Properti Apartemen Kembali Tumbuh Signifikan

"Summarecon berharap pemerintah akan menghasilkan kebijakan-kebijakan yang mendukung pertumbuhan industri properti," ucap Adrianto dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan di Jakarta, Kamis (15/6/2023). 

Berdasarkan kajian dari Kadin bersama Universitas Indonesia, saat ini industri properti memberi kontribusi 14,63 persen terhadap pertumbuhan ekonomi nasional. 

Melalui beragam kebijakan dan pertimbangan kepentingan bisnis, kata Adrianto, perseroan mempertahankan target pra penjualan sebesar Rp 5 triliun untuk tahun 2023.

BERITA TERKAIT

"Kondisi pandemi yang semakin terkendali, turut memicu akselerasi perseroan. Unit usaha Investment Property mencatat pertumbuhan yang cukup tinggi di sepanjang tahun 2022," paparnya.

Ia menyebut, tiga mall Summarecon telah beroperasi penuh dan mendapatkan tingkat kunjungan yang cukup tinggi, di mana hampir menyamai angka kunjungan pada masa sebelum pandemi. 

"Penjualan rumah di unit usaha Property Development juga berlangsung cukup baik, sehingga perseroan sangat optimis untuk mencatat kinerja yang lebih baik di tahun depan," ujarnya. 

"Summarecon saat ini tengah mengejar berbagai proyek yang saat ini masih dalam proses pembangunan, diantaranya yaitu Summarecon Villaggio Outlets - East Jakarta yang berlokasi di Summarecon Emerald Karawang dan Summarecon Mall Bandung di kawasan Summarecon Bandung," sambung Adrianto.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas