Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Unilever Raup Laba Bersih Rp 2,8 Triliun di Semester I 2023

Unilever membukukan laba bersih sebesar Rp 2,8 triliun dengan margin kotor kuartal 2 yang kuat sebesar 50,5 persen

Editor: Sanusi
zoom-in Unilever Raup Laba Bersih Rp 2,8 Triliun di Semester I 2023
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
ilustrasi. PT Unilever Indonesia, Tbk meluncurkan program 'Every U Does Good Heroes 2022' untuk mengajak lebih banyak generasi muda Indonesia membawa perubahan bagi lingkungan dan masyarakat dan program ini menjadi bagian dari kampanye tahunan yang bertujuan untuk merangkul kontribusi masyarakat dalam berbuat dan berbagi kebaikan lewat cara-cara yang sederhana. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Emiten produsen consumer goods PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) membukukan kenaikan kinerja sepanjang semester I 2023.

Unilever terus memperkuat fundamental bisnis untuk mencapai pertumbuhan jangka panjang.

Unilever membukukan laba bersih sebesar Rp 2,8 triliun dengan margin kotor kuartal 2 yang kuat sebesar 50,5 persen, tertinggi dalam delapan kuartal terakhir.

Baca juga: Dorong Perekonomian Global, Unilever Tegaskan Prinsip Kesetaraan Gender dalam B20 Indonesia Summit

Presiden Direktur Unilever Indonesia Ira Noviarti, menyampaikan kinerja perseroan akan tetap tumbuh positif hingga akhir 2023. Meski begitu, Ira tak memungkiri, terdapat sejumlah tantangan, antara lain kenaikan inflasi juga semakin tingginya biaya hidup sehingga akan juga berdampak pada kebiasaan belanja konsumen.

“Kami memahami bahwa inflasi dan biaya hidup berdampak signifikan terhadap kebiasaan belanja konsumen, hal ini diperkirakan akan bertahan selama beberapa kuartal ke depan," ucap Ira.

Meski begitu, terlepas dari perlambatan konsumsi rumah tangga saat ini, UNVR tetap memiliki optimisme terhadap pasar FMCG Indonesia secara jangka panjang. Oleh karena itu, UNVR terus beradaptasi untuk memastikan bahwa bisnis perseroan selalu kompetitif.

Baca juga: Kiprah Presdir Unilever Indonesia Ira Noviarti Perjuangkan Kesetaraan Gender di Sektor Bisnis

Ira menjelaskan, upaya yang terintegrasi dalam mengimplementasikan lima prioritas strategis Perseroan terus menunjukkan peningkatan volume share dan profitabilitas.

BERITA REKOMENDASI

Disampaikan Ira, selama empat kuartal terakhir perseroan melakukan intervensi harga untuk memastikan brand UNVR emiliki daya saing yang kuat.

"Meskipun demikian, kami masih berhasil melindungi margin Perseroan,” ucapnya.

Unilever Indonesia tetap konsisten dan berkomitmen untuk terus memperkuat daya saing melalui eksekusi lima strategi prioritas, yaitu : 1) Memperkuat dan unlock potensi penuh dari brand-brand utama; 2) Memperluas dan memperkaya portofolio ke premium dan value segment; 3) Membangun execution powerhouse untuk memperkuat kepemimpinan di channel utama; 4) Penerapan e-everything di semua lini bisnis; dan 5) Tetap menjadi yang terdepan dalam agenda keberlanjutan.

UNVR meningkatkan pangsa volume di pasar pada Semester 1 2023 dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya, dengan dukungan dari kategori-kategori utama seperti Oral Care, Skine Cleansing, Soy Sauce, and Soup Stock, Dishwash dan Fabric Cleaning.

Disampaikan Ira, untuk memperkuat dan unlock potensi penuh dari brand-brand utama, UNVR memastikan menempatkan investasi yang kompetitif dalam mengkomunikasikan brand kepada konsumen.

Adapun dalam hal ekspansi portofolio, UNVR berhasil meningkatkan kontribusi pada premium segment sebesar lebih dari 27 persen dari penjualan domestik di kuartal dua.

Sementara pada value segmen, di kuartal pertama UNVR telah meluncurkan dua brand di bawah Dishwash dan Skin Cleansing yang menunjukkan kinerja baik dalam tiga bulan terakhir dalam hal pangsa pasar dan penetrasi.

Halaman
12
Sumber: Kontan
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas