Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Analis Pasar Modal: Perusahaan Berfokus ESG Punya Potensi Bisnis Lebih Cerah

Saham-saham berbasis ESG bisa menjadi pilihan menarik investor saat ini dan berpotensi memberi keuntungan pada masa mendatang

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Sanusi
zoom-in Analis Pasar Modal: Perusahaan Berfokus ESG Punya Potensi Bisnis Lebih Cerah
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Pekerja beraktivitas di Galeri PT Bursa Efek Indonesia di Jakarta. Saham-saham berbasis ESG bisa menjadi pilihan menarik investor saat ini dan berpotensi memberi keuntungan pada masa mendatang atau capital gain 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Analis pasar modal Pardomuan Sihombing mengatakan perusahaan yang berfokus pada Environment, Social, Governance (ESG), perdagangan karbon, dan ekonomi hijau berbasis sumber daya alam memiliki potensi bisnis yang cerah.

“Saham-saham berbasis ESG bisa menjadi pilihan menarik investor saat ini dan berpotensi memberi keuntungan pada masa mendatang atau capital gain. Ini bisa kita lihat dari indeks saham berbasis ESG di bursa yang terus meningkat di atas IHSG," kata Pardomuan yang juga CEO Daksanaya Manajemen, Selasa (1/8/2023).

Baca juga: Perusahaan yang Jalankan ESG, Kinerja Keuangan dan Saham di Bursa Cenderung Bagus

Tingginya minat investor untuk saham-saham berbasis ESG seiring dengan dinamika dan kebutuhan global yang makin menyadari isu-isu lingkungan, sosial, dan tata kelola berkelanjutan.

Saham-saham ESG tercermin dari performa indeks ESG di Bursa Efek Indonesia menunjukkan return positif dalam satu tahun terakhir.

Misalnya Indeks SRI-KEHATI yang bertumbuh 0,44 persen, lebih tinggi dibandingkan dengan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang tumbuh 0,23 persen.

Dalam bulan Juli 2023 sejumlah perusahaan jasa Testing, Inspection dan Certification (TIC) mulai mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia.

BERITA TERKAIT

Terkait industri TIC sendiri, menurut Pardomuan, sangat diperlukan dalam proses standarisasi.

Apalagi kebutuhan sertifikasi terkait dengan ESG ke depan semakin tinggi.

Baca juga: Jaga Lingkungan, Perusahaan Tambang Didorong Kedepankan Prinsip ESG

Di Indonesia sendiri perusahaan dituntut menerapkan pembangunan berkelanjutan baik menyangkut green economy di natural resources, sharia economy dan digital economy.

Disisi lain, terkait dengan potensi karbon, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) memprediksi potensi perdagangan karbon Indonesia bisa mencapai Rp 350 triliun.

Indonesia juga mampu menyerap sekitar 113,18 gigaton karbon yang diperoleh dari luas hutan hujan tropis (25,18 miliar ton karbon), hutan mangrove (33 miliar ton karbon), dan luas lahan gambut (55 miliar ton karbon).

Perdagangan karbon di Indonesia diperkirakan dapat mencapai 300 miliar dolar AS per tahun.

Di antara perusahaan yang akan melantai di Bursa Efek Indonesia adalah PT Mutuagung Lestari Tbk (MUTU International).

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas