Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Jadi Dirut Baru, Begini Cara Fadhilah Mathar Pulihkan Nama Baik BAKTI Kominfo

Fadhilah Mathar resmi dilantik sebagai direktur utama BAKTI Kominfo oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi

Penulis: Endrapta Ibrahim Pramudhiaz
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Jadi Dirut Baru, Begini Cara Fadhilah Mathar Pulihkan Nama Baik BAKTI Kominfo
Tribunnews/Endrapta Pramudhiaz
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi resmi melantik Fadhilah Mathar sebagai Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kominfo. 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Endrapta Pramudhiaz

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Badan Layanan Usaha milik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Badan Aksessibilitas Telekomunikasi dan informasi (BAKTI), memiliki direktur utama baru.

Dia adalah Fadhilah Mathar yang resmi dilantik hari ini, Senin (14/8/2023) oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi.




Fadhilah memiliki segudang pekerjaan rumah (PR) yang harus ia kerjakan, salah satunya adalah memulihkan nama baik BAKTI.

Sebagaimana diketahui, penunjukan dirut baru ini karena orang yang sebelumnya menjabat, Anang Achmad Latif, ditetapkan sebagai salah satu tersangka dalam kasus dugaan korupsi penyediaan infrastruktur base transceiver station (BTS) 4G dan infrastruktur pendukung 1, 2,3,4 dan 5 BAKTI Kemenkominfo tahun 2020 sampai dengan 2022.

Fadhilah mengatakan, langkah pertama yang akan dilakukan adalah memperbaiki kembali tata kelola internal BAKTI seperti yang diarahkan oleh Menkominfo Budi pada saat pelantikan.

"Lalu yang kedua, kami harus mengembalikan kepercayaan masyarakat terhadap apa yang sudah diamanahkan kepada kami oleh Bapak Presiden, yaitu mempercepat akselerasi, konektivitas digital di daerah-daerah tertinggal, terdepan, terluar dan juga kepada lokasi-lokasi layanan publik," kata Fadhilah.

BERITA TERKAIT

"Tentu saya sangat mengharapkan bantuan serta dukungan dari jurnalis dan media semua," lanjutnya.

Dalam kesempatan sama, Menkominfo Budi juga meminta Fadhilah dan BAKTI untuk menuntaskan proyek High Throughput Satellite (HTS), Hot Backup Satellite (HBS), Palapa Ring, Base Transceiver Station, dan akses internet.

Baca juga: Fadhilah Mathar Dilantik Jadi Direktur Utama BAKTI Kominfo

"Hal ini harus menjadi prioritas agar tol langit yang digagas Bapak Presiden dapat selesai tepat waktu dan memberikan manfaat yang nyata bagi seluruh masyarakat," katanya.

Istilah Tol Langit ini menggambarkan sebuah sambungan bebas hambatan berupa sinyal internet yang dapat menghubungkan seluruh daerah di Indonesia tanpa terkecuali.

Hal ini dapat diwujudkan dengan membangun jaringan backbone nasional dan satelit multifungsi berteknologi tinggi (High Throughput Satelite/HTS).

Kemudian, Budi meminta Fadhilah agar segera melakukan evaluasi menyeluruh atas proses bisnis dan SOP, serta menerapkan cara kerja baru di internal BAKTI.

Baca juga: Profil Fadhilah Mathar, Direktur Utama BAKTI Kominfo yang Baru, Resmi Dilantik Hari Ini

Hal itu agar pelaksanaan pekerjaan lebih efektif, efisien, transparan, akuntabel, dan integritas sesuai dengan prinsip-prinsip tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih.

"Segera melakukan evaluasi dan penyusunan kelembagaan BAKTI yang baru agar sesuai ketentuan perundang-undangan, sehingga BAKTI dapat lebih dinamis dan dapat merespons perubahan serta tantangan dengan cepat, namun terukur serta mampu mengambil langkah-langkah strategis yang tepat," ujar Budi.

Kemudian, Budi meminta agar Fadhilah segera melakukan evaluasi menyeluruh atas manajemen SDM BAKTI dengan berlandaskan kompetensi kinerja dan bebas dari seluruh unsur intervensi politik dan SARA.

"Dalam menjalankan semua agenda di atas, perlu saya tegaskan, saya bersama Wakil Menteri Kominfo, Sekjen, Irjen, Dewan Pengawas, dan Pembina Teknis, akan terus memantau pelaksanaan program-program di atas secara rutin dan serius," ujarnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas