Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Pakar Bisnis: Jika Ingin Berinvestasi, Beli Emas Saat Harga Murah

Logam mulia, terutama kerap disebut aset yang aman dan stabil, banyak investor yang berburu emas

Editor: Erik S
zoom-in Pakar Bisnis: Jika Ingin Berinvestasi, Beli Emas Saat Harga Murah
Tribun Jabar/GANI KURNIAWAN
Ilustrasi - Berinvestasi emas baik perhiasan atau logam mulia (LM) menjadi pilihan bukan hanya bagi investor berpengalaman, namun juga pemula. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Willy Widianto
 
 
 
 
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -Berinvestasi emas baik perhiasan atau logam mulia (LM) menjadi pilihan bukan hanya bagi investor berpengalaman, namun juga pemula. 

Logam mulia, terutama kerap disebut aset yang aman dan stabil, banyak investor yang berburu emas untuk menyelamatkan ‘uang’ mereka. Makanya ketika krisis terjadi, harga emas justru akan naik. 

Baca juga: Agar Investasi Emas Jadi Cuan, Simpan Minimal 5 Tahun, Jangan Buru-buru Jual

Oleh karena itu, Analis DFCX Futures Lukman Leong mengatakan sejatinya waktu terbaik membeli emas adalah ketika memiliki dana untuk investasi emas. Selain itu, juga perlu yakni bahwa investasi emas sesuai dengan profil risiko dan tujuan keuangan. 

"Bagi investor yang jeli dan memiliki target investasi jangka panjang, maka penurunan harga bisa jadi kesempatan untuk membeli emas di harga murah,' jelas Lukman, Rabu(30/8/2023) malam.

Sebagai gambaran, untuk investor pemula memulai investasi sekitar 10 persen dari total investasi. Namun, tetap pastikan dalam berinvestasi jangan lupa untuk mengenali profil risiko masing-masing, tujuan berinvestasi, dan juga kemampuan finansial. 

Selain itu, pastikan keamanan dan keaslian emas juga faktor penting yang perlu diperhatikan. Keaslian emas penting diperhatikan, terlebih jika investasi emas perhiasan, karena kadar emas pada emas perhiasan bervariasi yang berpengaruh pada harga emas.

Agar tidak salah dalam berinvestasi emas, pastikan membeli emas keluaran PT Aneka Tambang Tbk alias Antam semua sudah bersertifikat. Emas Antam keluaran baru memiliki sertifikat yang menyatu dengan kemasan emasnya atau delaminating atau biasa disebut Certicard.

BERITA REKOMENDASI

Terbaru, PT Antam Tbk melalui Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Emas Logam Mulia (UBPP LM) dalam edisi kemerdekaan, Antam telah merancang konsep tematik yang khusus, yaitu ilustrasi "Ragam Tarian Daerah Indonesia”.

Baca juga: Analis: Investasi Emas Lebih Menguntungkan Saat AS Mengalami Gagal Bayar

Sekretaris Perusahaan Antam, Syarif Faisal Alkadrie mengatakan tari-tarian Nusantara memiliki kedalaman dan keberagaman budaya Indonesia yang kaya.

Setiap daerah di Indonesia memiliki tarian tradisional dengan makna dan cerita yang unik, menjadi bagian penting dalam ekspresi seni dan budaya masyarakat Indonesia, terlihat dalam upacara adat, perayaan, dan acara kebudayaan.

“Emas Antam LM edisi Tari Nusantara merupakan suatu bentuk penghargaan dan penghormatan yang diberikan oleh Antam terhadap kekayaan budaya yang ada di Indonesia,” jelas Syarif. 

Emas edisi ini menghadirkan beragam Tari Nusantara seperti;
o Tari Topeng dari DKI Jakarta,
o Tari Kancet Papatai dari suku Dayak,
o Tari Legong khas Bali,
o Tari Kipas Pakarena dari Makassar,
o Tari Gending Sriwijaya dari Sulawesi Selatan,
o Tari Remo dari Jawa Timur, Tari Merak dari Jawa Barat, dan
o Tari Piso Surit dari Sumatera Utara

Antam berharap membawa pesan kuat bahwa Gift Series edisi kemerdekaan adalah pilihan istimewa untuk memperingati momentum penting Indonesia.

Baca juga: Kapan Waktu yang Tepat untuk Investasi Emas?

Gift Series Tari Nusantara ini hadir dalam gramasi emas sebesar 0,5gram dengan security specification memiliki invisible ink dibagian depan dan belakang dan dilengkapi dengan QR Code. Ditambah lagi, dalam rangka edisi Kemerdekaan HUT RI Ke-78, selama periode 16-31 Agustus untuk pembelian gift series (semua tema) akan mendapatkan amplop gift series edisi Kemerdekaan, dan selama persediaan masih tersedia.(Willy Widianto)
 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas