Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Saat Luhut Beri Salam Hormat ke Jokowi, Rambut Memutih dan Perawatan di Singapura Jadi Pilihan Bijak

Luhut mengenakan kaos panjang berwarna abu dengan rambut yang memutih tak seperti biasanya.

Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Saat Luhut Beri Salam Hormat ke Jokowi, Rambut Memutih dan Perawatan di Singapura Jadi Pilihan Bijak
HO
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan saat dijenguk Presiden Jokowi, ia menyebut kondisinya saat ini berangsur membaik. 

TRIBUNNEWS.COM, - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membesuk Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan yang sedang menjalani perawatan di salah satu rumah sakit di Singapura.

Hal ini diketahui dari akun Instagramnya @luhut.pandjaitan, di mana Luhut mengunggah foto kedatangan Jokowi saat membesuknya.

Dalam foto tersebut, Luhut mengenakan kaos panjang berwarna abu dengan rambut yang memutih tak seperti biasanya.

Baca juga: Jokowi Jenguk Luhut di RS Singapura: Alhamdulillah Kondisi Beliau Semakin Membaik

Tampak Luhut memberikan salam hormat kepada Jokowi yang mengenakan kemeja putih lengkap dengan masker berwarna coklat.

Luhut menyatakan, kondisinya saat ini berangsur membaik. Sehingga dia bisa menerima kunjungan dari Presiden Jokowi, Wakil Presiden bahkan para Menteri.

"Rupanya menjalani pemulihan jauh dari rumah adalah pilihan yang bijak, sebagaimana terlihat dari progress kondisi saya yang berangsur-angsur membaik sampai saat ini,"tulis Luhut dalam Instagramnya, dikutip Sabtu (4/11/2023).

"Saya juga sudah bisa menerima kunjungan Presiden @jokowi, Wakil Presiden, para Menteri dan teman-teman terdekat. Rasanya seperti mendapat tambahan energi dan semangat untuk pulih kembali," imbuhnya.

BERITA TERKAIT

Menurut Luhut, diawal masa pemulihan dia mengaku tidak diperkenankan menggunakan telepon seluler hingga menerima kunjungan. Namun, hal itu berubah setelah sebulan menjalani perawatan.

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan pamer kondisi kesehatannya yang semakin membaik
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan pamer kondisi kesehatannya yang semakin membaik (HO)

"Pada hari-hari pertama di sini, praktis saya hanya ditemani tim dokter, satu orang ajudan, serta istri dan anak saya. Tidak ada tamu, tidak ada deringan ponsel yang bisa saya jawab-semua harus lewat tangan ajudan, sebuah keputusan berlandaskan kasih yang mendalam," tulis dia.

"Sekarang, saya mulai diperkenankan memegang ponsel untuk sejenak menengok urusan kerja meskipun belum sepenuhnya," sambungnya.

Luhut sebelumnya telah menjalani perawatan di RS Medistra dan RSPAD Gatot Subroto sebelum beralih ke RS di Singapura.

"Sebenarnya, pengobatan saya dimulai di RS Medistra dan RSPAD Gatot Subroto, di mana saya mendapat tindakan medis awal. Tawaran dari sahabat dan harapan keluarga agar saya mendapat lingkungan yang memungkinkan pemulihan lebih optimal, kemudian membawa saya dirujuk ke Singapura," jelasnya.

Kelelahan

Luhut menyampaikan kondisi kesehata menurun usai menjalani serangkaian agenda melalui Instagram pribadinya @luhut.pandjaitan.

"Beberapa hari yang lalu setelah menghadiri suatu kegiatan, tiba-tiba saya merasa kelelahan yang amat luar biasa, rasa lelah ini tak seperti yang biasa saya rasakan selepas bekerja," tulis Luhut dikutip Selasa (10/10/2023).

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas