Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Empat Tahun Implementasikan IoT, PTPN V Raih 3 Award di Ajang Ini

PTPN V meraih tiga penghargaan sekaligus pada ajang Indonesia Digital Innovation and Achievement Award 2023 di Jakarta.

Penulis: Hendra Gunawan
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Empat Tahun Implementasikan IoT, PTPN V Raih 3 Award di Ajang Ini
dok. ptpn v
CEO PTPN V Jatmiko Santosa 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Perkebunan Nusantara V (PTPN V) sukses mengimplementasikan transformasi digital melalui penerapan Internet of Things (IoT) yang mendukung digitalisasi di internal perusahaan secara menyeluruh selama empat tahun terakhir.

Teknologi IoT ini diterapkan di Precision Farming guna mendukung pengelolaan perkebunan sawit demi mendapatkan cost control, production control, dan fraud control secara efektif dan efisien.

CEO PTPN V Jatmiko Santosa memaparkan, penerapan digitalisasi di perusahaannya sejalan dengan pelaksanaan Corporate Strategy, yaitu dengan Reducing Cost dan Increasing Value sehingga terbentuk Value Innovation.




PTPN V juga melakukan inovasi di bidang lainnya, misalnya dalam aspek administrasi, PTPN V menggunakan portal yang diberi nama E-Office PTPN V.

"Platform ini berfungsi untuk mengubah semua sistem administrasi menjadi sistem digital, sekaligus paperless," kata Jatmiko Santosa dalam keterangan persnya, dikutip Minggu (12/11/2023).

Peran PTPN V sebagai katalisator ekonomi juga mendapat perhatian serius dalam implementasi transformasi digital. Bersama masyarakat, mitra dan pihak terkait PPTN V melanjutkan komitmennya untuk tetap tumbuh positif secara berkelanjutan.

"Digitalisasi merupakan bagian penting dalam transformasi PTPN V. Di sini ada
perjuangan untuk menata dan mentransformasi budaya. Dari yang terfragmentasi
menjadi terintegrasi. Dari yang serba manual menjadi terdigitalisasi, lebih cepat dan akurat," paparnya.

BERITA TERKAIT

BUMN ini berhasil meraih tiga penghargaan sekaligus pada ajang Indonesia Digital Innovation and Achievement Award 2023 di Jakarta.

Tiga penghargaan yang diraih adalah Best Overall Digital Innovation and Achievement 2023 dan Best Digital Technology and IoT Implementation 2023 In Agroindustry serta satu penghargaan kepada CEO PTPN V Jatmiko Santosa untuk kategori Best CEO In Digital Innovation and Achievement of The Year 2023.

Direktur Utama Holding Perkebunan Nusantara III (Persero) Mohammad Abdul Ghani
dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis (9/11/2023) mengapresiasi atas
keberhasilan PTPN V yang meraih tiga penghargaan sekaligus.

"Penghargaan ini merupakan bukti bahwa kita telah bertransformasi. Bidang perkebunan dan industri kelapa sawit selama ini dikelola secara konvensional, dan kini saatnya kita menjadi pionior untuk bertransformasi menuju modernisasi dengan memanfaatkan teknologi digital," kata Ghani.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas