Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Penumpang Angkutan Udara di Libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 Diprediksi Naik 19 Persen

Penumpang angkutan udara pada periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 diprediksi mencapai 4 juta orang.

Penulis: Nitis Hawaroh
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Penumpang Angkutan Udara di Libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 Diprediksi Naik 19 Persen
dok Angkasa Pura II
Penumpang angkutan udara pada periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 diprediksi mencapai 4 juta orang. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nitis Hawaroh

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (Ditjen Hubud) Kementerian Perhubungan menyatakan, penumpang angkutan udara pada periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 sebanyak 4 juta orang.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara, M. Kristi Endah Murni mengatakan, jumlah itu tercatat naik 19 persen daripada periode yang sama tahun lalu yaitu 3,4 juta orang.

"Prediksi ini menunjukkan angka recovery rate penumpang angkutan udara telah mendekati Nataru 2019, yaitu 84,6 persen untuk penerbangan domestik, dan 93,5 persen untuk penerbangan internasional," kata Kristi dalam keterangannya, Sabtu (2/12/2023).

Kristi mengatakan, Ditjen Hubud juga telah menyiapkan sejumlah langkah untuk memastikan rangkaian kegiatan angkutan udara Natal Tahun 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) berjalan dengan baik, aman dan lancar.

"Kami pastikan sarana dan prasarana transportasi udara telah siap melayani pergerakan masyarakat pada periode Nataru kali ini," ungkapnya.

Kristi juga menyatakan bahwa kesiapan penyelenggaraan transportasi udara untuk periode Nataru ini telah dilakukan sejak awal tahun 2023.

BERITA REKOMENDASI

"Kesiapan armada, peralatan ground handling, pemeriksaan fasilitas/peralatan terkait, pemeriksaan personil, dan lain sebagainya, sudah dilakukan oleh inspektur penerbangan baik yang ada di Kantor Pusat maupun di Kantor Otoritas Bandar Udara," paparnya.

Baca juga: Jadwal LRT Jabodebek Bertambah Jadi 200 Perjalanan Per Hari, Berikut Skema Tarif Promonya

Berdasarkan hasil survei Badan Kebijakan Transportasi (BKT) Kemenhub, puncak arus mudik pada transportasi udara diprediksikan terjadi dua periode.

Pertama, puncak arus penumpang Natal tanggal 22 Desember 2023, dan puncak arus penumpang Tahun Baru tanggal 29 Desember 2023. Sedangkan puncak arus balik Natal dan Tahun Baru terjadi pada tanggal 2 Januari 2024.

Baca juga: Ada Aksi Bela Palestina di Monas, KA Jarak Jauh Tujuan Gambir Berhenti di Stasiun Jatinegara

Kristi menegaskan, koordinasi kesiapan penyelenggaraan transportasi udara untuk periode Nataru juga telah dilakukan dengan stakeholder terkait seperti Badan Usaha Angkutan Udara (BUAU), Badan Usaha Bandar Udara (BUBU), Perum LPPNPI (AirNav Indonesia), Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG), Kantor Imigrasi, dan lainnya.

"Mari bersama-sama kita berkolaborasi mewujudkan penerbangan Nataru Tahun 2023 ini dengan Selamat, Aman, Nyaman dan berkesan," tegasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas