Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

ZARA Terancam Kena Boikot Buntut Iklan Genosida Palestina, Warganet : Tak Manusiawi

Brand fashion ternama ZARA kembali menuai kecaman warganet hingga terancam kena boikot dari sejumlah negara

Penulis: Namira Yunia Lestanti
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in ZARA Terancam Kena Boikot Buntut Iklan Genosida Palestina, Warganet : Tak Manusiawi
Zara
Brand fashion ternama ZARA kembali menuai kecaman warganet hingga terancam kena boikot dari sejumlah negara, usai merilis koleksi busana terbarunya yang dinamai ZARA Atelier Collection. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Namira Yunia Lestanti

TRIBUNNEWS.COM, WASHINGTON – Brand fashion ternama ZARA kembali menuai kecaman warganet hingga terancam kena boikot dari sejumlah negara, usai merilis koleksi busana terbarunya yang dinamai ZARA Atelier Collection.

Lewat postingan di akun Instagramnya, brand retail asal Spanyol ini memamerkan potret-potret dari campaign promosi koleksi ZARA Atelier Collection yang dianggap mengejek kondisi warga Gaza Palestina.

Meski ZARA menegaskan bahwa fokus kampanye mereka adalah desain pakaian, namun dari gambar yang diunggah, ZARA secara terang – terangan menyindir penderitaan warga Palestina. Ini karena dalam kampanye produk terbaru mereka, ZARA menampilkan model perempuan yang berdiri di reruntuhan puing beton dan peti kayu.

Baca juga: Kaitkan Dampak Boikot Produk Israel Berujung PHK Massal, Buruh Sebut Pengusaha Lebay

Pun dalam beberapa unggahan lainnya, ZARA turut menampilkan patung dengan anggota tubuh yang hilang. Tak sampai disitu pada postingan lain terlihat satu gambar yang menunjukan sang model mengenakan jaket kulit dengan menggendong manekin melayang yang dibungkus plastik.

Banyak netizen yang mengaitkan gambar tersebut mirip dengan kondisi jenazah korban perang di Gaza. Kampanye iklan ini yang kemudian memicu reaksi negatif dari para warganet di seluruh penjuru dunia.

“Menggunakan kematian dan kehancuran sebagai latar belakang fesyen adalah hal yang sangat mengerikan Ini seharusnya membuat kita marah sebagai konsumen. Boikot Zara,” tulis seniman Palestina Hazem Harb dikutip dari Almayadeen.

BERITA REKOMENDASI

Kritikan serupa juga turut dilontarkan Influencer Instagram Dr Noor Amra dan Dr Hina Cheema, orang di balik akun @eyegirlmd dan @storyofstyle, dalam cuitannya mereka mengungkap kekecewaan terhadap ZARA atas campaign iklan yang tak manusiawi.

"Kita semua telah melihat gambar-gambar mengerikan dari mayat-mayat yang keluar dari Gaza... Tak manusiawi, ini jelas merupakan sebuah ejekan yang disengaja terhadap warga Palestina. Mereka tahu persis apa yang mereka lakukan," tulis mereka di akun Instagram.

Sementara itu menanggapi postingan terbaru ZARA, Mona Kattan, presiden global Huda Beauty, menulis "Sakit,". Kendati mendapat protes dari publik, namun hingga kini Zara belum mengeluarkan tanggapan atau pernyataan terkait kontroversi tersebut.

Baca juga: Starbucks Rugi 11 Miliar Dolar AS atau Sekitar Rp 170,7 Triliun Akibat Boikot dan Pemogokan Karyawan

Sebagai informasi, tindakan kontroversial seperti ini bukan pertama kalinya yang dilakukan ZARA. Sebelumnya brand fashion asal Spanyol itu telah berulang kali mendapat kecaman terkait konflik Israel-Palestina.

Seperti pada Oktober lalu warga Arab kompak melakukan tindakan boikot pada produk ZARA usai pemilik waralaba ZARA menjamu tokoh politik sayap kanan Itamar Ben Gvir untuk acara kampanye pemilu di Raanana.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas