Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

PLN: Lebih dari 600 SPKLU Siap Layani Pengguna Mobil Listrik pada Libur Natal dan Tahun Baru

Selama Nataru, PT PLN memastikan kesiapan 624 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang tersebar di 411 titik strategis

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Sanusi
zoom-in PLN: Lebih dari 600 SPKLU Siap Layani Pengguna Mobil Listrik pada Libur Natal dan Tahun Baru
Warta Kota/Yulianto
Sebuah mobil mengisi daya di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) PLN di Rest Area 68 Toll Jakarta-Merak, Serang, Banten, Jumat (24/11/2023). PLN menyiapkan 17 SPKLU bagi pengendara mobil listrik yang melintasi wilayah Provinsi Banten. SPKLU ini dapat memudahkan dan memberikan kenyamanan para pengguna kendaraan listrik dalam melakukan perjalanan. Warta Kota/Yulianto 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT PLN (Persero) memastikan kesiapan 624 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang tersebar di 411 titik strategis pada periode liburan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, PLN berkomitmen mendukung ekosistem kendaraan listrik dengan menyiapkan SPKLU yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

"Para pemudik atau masyarakat yang ingin liburan dengan kendaraan listrik kini tak perlu khawatir kehabisan baterai. Tersedia ratusan SPKLU dan petugas siaga yang siap memberikan layanan terbaik," ungkap Darmawan dalam keterangannya, dikutip Rabu (20/12/2023).

Baca juga: Gelar Apel Siaga, PLN Icon Plus Amankan Jaringan Telko dan Kelistrikan di Libur Natal dan Tahun Baru

Ia melanjutkan, sebanyak 624 unit SPKLU yang tersebar di 411 lokasi di Indonesia sebagai fasilitas penunjang yang bakal memberikan kenyamanan kepada pengguna kendaraan listrik.

Di periode liburan kali ini, tol Jawa diperkirakan akan menjadi tol yang paling banyak digunakan masyarakat.

Saat melintas di tol ini pun pengguna mobil listrik tak perlu khawatir, sebab PLN juga menyediakan SPKLU yang tersebar di lokasi rest area.

BERITA REKOMENDASI

Begitu juga bagi pengendara yang melintasi tol trans Sumatera.

PLN telah menyiapkan 64 unit stasiun pengisian energi atau Electric Vehicle (EV) Charger pada 38 titik SPKLU di sepanjang ruas Tol Trans Sumatera-Jawa.

Darmawan melanjutkan, pengguna kendaraan listrik juga tidak perlu khawatir maupun kesulitan dalam mencari lokasi EV Charger. Lewat aplikasi PLN Mobile, masyarakat bisa dengan mudah mencari titik terdekat.

Baca juga: Dirut Ungkap Capaian PLN Sepanjang Tahun 2023: Digitalisasi Pembangkit hingga Optimalisasi Aplikasi

Selain meningkatkan layanan EV Charger di ruas tol, PLN juga meningkatkan layanan di sejumlah kota di Indonesia.

Tercatat, sebanyak 26 unit EV Charger disiapkan di 21 lokasi SPKLU untuk wilayah Banten.

Kemudian, sebanyak 113 EV Charger tersebar di 43 lokasi SPKLU di wilayah Jakarta. PLN juga mengoperasikan setidaknya 150 unit EV Charger yang tersebar di 125 lokasi SPKLU di Jawa Barat.

Selain itu, sebanyak 50 EV Charger yang tersebar di 34 lokasi SPKLU di Jawa Tengah dan Yogyakarta juga disiapkan untuk mendukung libur Nataru.

Baca juga: Jaga Aset PLN, Icon Plus Lakukan Penataan Jaringan Kabel Optik di Padalarang

Untuk wilayah Jawa Timur, disiapkan 62 unit EV Charger di 34 lokasi SPKLU serta 63 EV Charger di 29 lokasi SPKLU di wilayah Bali.

Penguatan layanan pendukung juga disiapkan di wilayah lain seperti Sumatera dengan 62 unit EV Charger di 51 lokasi SPKLU, Kalimantan dengan 37 unit EV Charger di 32 lokasi SPKLU serta 27 unit EV Charger di 18 lokasi SPKLU di Sulawesi.

Kemudian, untuk wilayah Nusa Tenggara, sebanyak 25 EV Charger yang tersebar di 16 lokasi SPKLU disiapkan untuk mendukung libur Nataru.

Terakhir, 9 unit EV Charger di 8 lokasi SPKLU disiapkan untuk wilayah Maluku dan Papua.

"PLN terus melakukan transformasi untuk meningkatkan pelayanan pelanggan khususnya mendukung akselerasi ekosistem EV," pungkas Darmawan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas