Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Pengusaha Harapkan Ada Sesi Dialog Khusus dengan Capres-Cawapres, 'Curhat' Soal Dunia Usaha

Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) mengharapkan adanya sesi dialog khusus antara para Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Pengusaha Harapkan Ada Sesi Dialog Khusus dengan Capres-Cawapres, 'Curhat' Soal Dunia Usaha
Bambang Ismoyo/Tribunnews.com
Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Shinta Widjaja Kamdani. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) mengharapkan adanya sesi dialog khusus antara para Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden (Capres-Cawapres) dengan para pelaku usaha.

Ketua Umum Apindo, Shinta Widjaja Kamdani mengungkapkan, hal tersebut perlu dilakukan agar para Capres-Cawapres mau mendengarkan masukkan dan permasalahan yang terjadi di dunia usaha.

Sebaliknya, dalam sesi tersebut para pengusaha ingin mengetahui seberapa besar pengetahuan Capres-Cawapres di bidang dunia usaha.

Baca juga: Debat Perdana Cawapres 2024: Jadwal, Lokasi, Tema, Format, dan Daftar Nama 11 Panelis

Hal ini diungkapkan Shinta menjelang adanya agenda Debat Calon Wakil Presiden yang akan berlangsung pada Jumat (22/12/2023).

"Makanya kami merasa penting untuk ada konsen komunikasi dengan para calon supaya mereka benar-benar (mengerti) apa yang terjadi di lapangan, sesuai roadmap perekonomian Apindo," papar Shinta di Kantor Apindo, Jakarta, Kamis (21/12/2023).

"Kita enggak bawa unsur-unsur dari ekonom dan lain-lain, tapi lebih dari pelaku. Jadi bahasanya berbeda, karena bahasa pelaku yang terjadi di lapangan, masukan-masukan apa yang sudah baik dan apa yang perlu diperbaiki," sambungnya.

BERITA TERKAIT

Dalam kesempatan tersebut Shinta juga meyakini bahwa gagasan yang akan diungkapkan Cawapres pada agenda Debat esok (22/12/2023) akan menarik.

Namun, Shinta masih mempertanyakan apakah janji-janji mereka dapat relevan untuk diterapkan saat terpilih menjadi Presiden dan Wakil Presiden kedepannya.

"Yang kami harapkan itu lebih maksudnya untuk mengetahui lebih banyak gimana nantinya implementasinya bisa terlaksana. Jadi kalau kami lihat dari berbagai statemen berkaitan, itu isinya bagus-bagus dan pasti semuanya bagus," papar Shinta.

Baca juga: Debat Cawapres Besok: Muhaimin Siapkan Jurus Selepetan, Gibran Banyak Diskusi, Mahfud Baca Data

"Tapi kami lebih menyoroti bahwa implementasinya itu nanti memungkinkan atau tidak? Apakah para calon itu tau apa yang terjadi di lapangan," pungkasnya.

Sebelumnya, Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin Indonesia) berencana ingin menemui para Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden (Capres-Cawapres) yang akan berkompetisi pada perhelatan Pilpres 2024.

Hal tersebut dilontarkan Wakil Ketua Umum Bidang Asosiasi dan Himpunan Kadin Indonesia, Wisnu W. Pettalolo dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Bidang Asosiasi dan Himpunan dengan tema 'Kolaborasi Anggota Luar Biasa Kadin Menyongsong Indonesia Emas 2045' di Jakarta, Rabu (29/11/2023).

Wacana ini terbentuk atas masukan dari para Anggota Luar Biasa (ALB) Kadin Indonesia yang terdiri dari berbagai Asosiasi/Himpunan pengusaha di masing-masing sektor.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas