Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Anak Usaha BUMN Terima Sertifikasi Ecosports dari Lembaga Berbasis di Eropa

KBS terus melakukan inovasi khususnya dalam mewujudkan Pelabuhan Berwawasan Lingkungan.

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Anak Usaha BUMN Terima Sertifikasi Ecosports dari Lembaga Berbasis di Eropa
HO
KBS terus melakukan inovasi khususnya dalam mewujudkan Pelabuhan Berwawasan Lingkungan. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Krakatau Bandar Samudera (KBS), anak usaha PT Krakatau Steel (Persero) Tbk mendapatkan sertifikasi Ecoports dari lembaga non-profit ECOSLC yang berbasis di Eropa.

Sekadar informasi, pemerintah telah mengamanatkan bahwa untuk menjamin dan memelihara kelestarian lingkungan di pelabuhan, Otoritas Pelabuhan harus menyediakan fasilitas pencegahan pencemaran dan menjamin pelabuhan yang berwawasan lingkungan (Ecoport).

Pelabuhan berwawasan lingkungan alias Ecoport adalah pelabuhan yang manajemen dan operasionalnya memperhatikan aspek-aspek sosial, ekonomi dan terutama lingkungan, jadi bukan hanya berbasis kepada secara bisnis semata.

Direktur Utama PT Krakatau Bandar Samudera Anton Firdaus menyampaikan bahwa sertifikasi Ecoports ini juga sejalan dengan Program ESG (Environmental, Social, and Governance) Kementerian BUMN RI.

Baca juga: Trayek Tol Laut Hub-Spoke Cluster NTT untuk Tingkatkan Layanan Distribusi Bapokting

“KBS terus melakukan inovasi khususnya dalam mewujudkan Pelabuhan Berwawasan Lingkungan, hal ini tentunya memberikan dampak positif dan nilai tambah bagi seluruh stakeholders” kata Anton, Sabtu (30/12/2023).

Anton menambahkan, bahwa pada tahun 2023, PT KBS telah melakukan inovasi-inovasi guna meningkatkan pelestarian lingkungan antara lain pembuatan Auxiliary Chute untuk mengurangi kemungkinan adanya spillage, penyediaan EV dan Charging Station, serta menyediakan peralatan penanganan tumpahan minyak.

BERITA TERKAIT

PT KBS perusahaan jasa kepelabuhanan yang terintegrasi dengan jasa logistik dengan konsep Smart Port dan Green Port serta operator dari Pelabuhan Krakatau International Port di Cilegon Banten.

Ecoports juga sejalan dengan Program Kementerian Perhubungan RI dalam mewujudkan Pelabuhan Berwawasan Lingkungan di Indonesia, hal ini tertuang dalam Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Laut Nomor KP-DJPL 689 Tahun 2022 tentang Pedoman Pengelolaan Pelabuhan Berkelanjutan Berwawasan Lingkungan (Ecoport).

CEO ECOSLC Herman Journee menyampaikan ucapan selamat kepada PT KBS atas pencapaian Sertifikasi Ecoports Pers setelah divalidasi oleh auditor independen LRQA Netherlands.

“Ecoports Pers adalah satu-satunya standar manajemen lingkungan dan berkelanjutan yang sepenuhnya disesuaikan dengan peran dan tanggung jawab khusus pelabuhan” kata Herman.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas