Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Kemenkop UKM Dorong Percepatan Target Rasio Kewirausahaan 3,95 Persen di 2024

Bentuk implementasi Peraturan Presiden Nomor 2 Tahun 2022 tentang Pengembangan Kewirausahaan Nasional.

Penulis: Dennis Destryawan
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Kemenkop UKM Dorong Percepatan Target Rasio Kewirausahaan 3,95 Persen di 2024
HO
Deputi Bidang Kewirausahaan KemenKop UKM Siti Azizah saat sesi wawancara di Jakarta, Selasa (6/2/2024). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Dennis Destryawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) dorong percepatan pencapaian target rasio kewirausahaan 3,95 persen di tahun 2024.

Deputi Bidang Kewirausahaan KemenKopUKM Siti Azizah menyampaikan, untuk mencapai target tersebut di antaranya lewat Entrepreneur Development (Entredev) 2024 Dare To Grow.

"Kita akan terus sosialisasikan program Entredev ini sehingga kita bisa lebih banyak menjaring wirausaha mapan di sektor pertanian, sektor kesehatan, kecantikan, dan kebugaran atau wellness, juga teknologi. Target peserta tahun ini sebanyak 2.300 wirausaha," terangnya di Jakarta, Selasa (6/2/2024).

Baca juga: Kemenkop: Pemilu dan Tahun Politik 2024 Signifikan Pengaruhi Kinerja UMKM

Program tersebut bertujuan untuk membantu para entrepreneur mengembangkan bisnisnya agar lebih mapan. Hal tersebut, bentuk implementasi Peraturan Presiden Nomor 2 Tahun 2022 tentang Pengembangan Kewirausahaan Nasional.

Dalam catatannya, program Entredev diyakini meningkatkan omzet hingga 30-40 persen. Sebanyak 97 persen peserta yang telah mengikuti program ini mampu menemukan solusi dari berbagai permasalahan bisnis yang dijalankan.

Sebanyak 34 persen peserta telah berkolaborasi dengan mitra stakeholder hingga tercipta kolaborasi cross category dengan sesama peserta. Bahkan, kata Siti Azizah, beberapa peserta unggulan telah berhasil masuk supermarket premium dan terdapat peserta start-up yang berhasil mendapat pendanaan pre Series A.

BERITA REKOMENDASI

"Kita berupaya memajukan sektor-sektor ungulan tahun ini, kalau F&B (Food and Beverage) sudah banyak sekali. Harapan kami melalui Entredev 2024 kita bisa menciptakan wirausahawan yang inovatif berbasis agriculture, sektor health, beauty, wellness, dan teknologi yang berkelanjutan," ujar Siti.

Untuk menjadi salah satu peserta dalam program Entredev 2024, wirausahawan atau enterpreneur dapat mengakses website: https://entredev.id/daftar/. Pendaftaran akan dibuka sampai dengan 11 Maret 2024.

Arto Biantoro, CEO Gambaranbrand, membenarkan bahwa untuk memenangkan persaingan, pelaku usaha perlu memaksimalkan sumber daya yang sudah disediakan oleh alam.

Oleh sebab itu Entredev 2024 yang fokus kepada sektor usaha agriculture, sektor health, beauty, wellness, dan teknologi menjadi sangat relevan karena melalui pengelolaan sumberdaya yang baik akan lebih mudah untuk meningkatkan daya saing produk.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of

asia sustainability impact consortium

Follow our mission at sustainabilityimpactconsortium.asia

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas