Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Gramedia Luncurkan Baca Buku di KRL Kolaborasi dengan Popomangun, KAI dan KAI Commuter

Pengguna KRL kini bisa menikmati perjalanan atau waktu menunggu kedatangan kereta dengan membaca buku cetak maupun digital.

Penulis: Nitis Hawaroh
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Gramedia Luncurkan Baca Buku di KRL Kolaborasi dengan Popomangun, KAI dan KAI Commuter
Nitis Hawaroh
Digital, Marketing dan Merchandising Director Gramedia Sugiarto, Direktur Utama PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) Asdo Artriviyanto dan Laurentius Adhyaksa Ekatama Publishing & Education Director dalam Peluncuran 'Baca Buku di KRL' Kolaborasi dengan Popomangun, KAI dan KAI Commuter di Stasiun Jakarta Kota, Jumat (23/2/2024). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nitis Hawaroh

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gramedia meluncurkan Baca Buku di KRL yang merupakan kolaborasi bersama dengan Popomangun, KAI dan KAI Commuter sebagai bentuk kepedulian terhadap pengembangan literasi masyarakat, utamanya para pengguna KRL yang melalui Stasiun Jakarta Kota dan Stasiun Bogor.

Digital, Marketing dan Merchandising Director Gramedia Sugiarto mengatakan, pengguna KRL kini bisa menikmati perjalanan atau waktu menunggu kedatangan kereta dengan membaca buku cetak maupun digital pilihan terbitan Gramedia secara gratis.




"Dengan makin banyak dan makin mudah cara mengakses fasilitas baca gratis di ruang publik-tinggal ambil, baca, dan kembalikan kami berharap kegemaran membaca masyarakat makin tumbuh berkembang," kata Sugiarto dalam Konferensi Pers Baca Buku di KRL, di Stasiun Jakarta Kota, Jumat (23/2/2024).

Baca juga: Kemenkominfo Targetkan 30 Juta Orang Dapatkan Literasi Digital

Sugiarto menyatakan, dua stasiun utama tersebut mulai hari ini (23/2) telah disediakan instalasi berupa rak buku dengan bentuk dan warna mencolok yang didesain khusus oleh seniman muda berbakat yaitu Popomangun.

Buku yang tersedia di Stasiun Jakarta Kota sebanyak 300 bentuk fisik baik genre fiksi maupun non-fiksi. Selain itu, Gramedia juga menyediakan e-book yang bisa di unduh kapan saja.

"Untuk e-book ini nanti tinggal scan saja beberapa langkah untuk bisa menuju bisa membaca. Tentunya perlu jaringan ke internet, tapi ini bisa dengan mudah di akses dan free selama satu hari," tutur dia.

BERITA TERKAIT

Sugiarto juga bilang, pengguna KRL bebas mengambil buku yang tersedia di rak dengan tidak membawa pulang. Namun, pengguna diperbolehkan membawa buku sepanjang perjalanan dari Stasiun Jakarta Kota dan berakhir ke Stasiun Bogor.

"Inovasi kita adalah kita tidak stay di sini untuk membaca di tempat ini tetapi silahkan membaca di kesibukannya di kereta, diperjalanan sambil menunggu dan kemudian bisa dikembalikan di stasiun selanjutnya. Kita yakin bahwa itu akan menumbuhkan minat baca dan berani mengambil di tempat ini," jelasnya.

Di sisi lain Sugiarto menyatakan, kerja sama ini bakal berjalan selama enam bulan sejak diluncurkan. Kemudian, tahap selanjutnya, fasilitas baca gratis tersebut direncanakan akan tersedia di seluruh jaringan stasiun Commuterline se-Jabodetabek.

"Bila kegiatan ini didukung dan disambut baik masyarakat, kami siap berkolaborasi dengan lembaga dan instansi lain untuk bersama-sama menyebarluaskan virus cinta membaca di seluruh Nusantara," lanjut Sugiarto.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) Asdo Artriviyanto menyambut baik kolaborasi menyoal literasi ini.

Dia berharap dengan kehadiran fasilitas layanan ini pengguna Commuter Line dapat memanfaatkan waktu selama di perjalanan maupun saat menunggu perjalanannya di area stasiun dengan membangun kebiasaan positif yaitu membaca.

"Khusus pengguna Commuter Line Bogor, buku dapat dibawa dari rak buku yang disediakan Gramedia di Stasiun Jakarta Kota, untuk kemudian dikembalikan lagi ke rak buku di stasiun tempat tujuan yaitu Stasiun Bogor maupun sebaliknya," Ujar Asdo.

Selain itu, Asdo menyatakan bahwa kolaborasi ini juga sebagai bentuk peningkatan layanan Commuter Line kepada penggunanya.

"KAI Commuter senantiasa terus berinovasi dan berkolaborasi dalam memberikan fasilitas yang terbaik bagi para pengguna," jelasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas