Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Kemenhub Akan Gelar Mudik Motor Gratis Lebaran 2024 dengan Kereta Api, Kuota 12 Ribu Unit

Terkait rutenya, terbagi dalam tiga lintasan yaitu Lintas Utara meliputi Cilegon – Jakarta Gudang – Cirebon Prujakan – Tegal – Pekalongan – Semarang.

Penulis: Nitis Hawaroh
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Kemenhub Akan Gelar Mudik Motor Gratis Lebaran 2024 dengan Kereta Api, Kuota 12 Ribu Unit
Nitis Hawaroh
Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Arif Anwar dalam konferensi pers Penyelenggaraan Angkutan Motor Gratis Masa Lebaran 2024, di Jakarta, Jumat (1/3/2024). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nitis Hawaroh

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan kembali menggelar mudik motor gratis (motis) periode Lebaran 2024 dengan kuota yang tersedia sebanyak 28.196 bagi penumpang dan 12.180 unit motor.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Kemenhub Arif Anwar mengatakan, pelaksanaan motis ini dilakukan selama 14 hari. Terdiri dari dua periode yaitu mudik mulai tanggal 2 April hingga 8 April. Sedangkan periode arus balik mulai tanggal 13 sampai 19 April 2024.

"Jadi sehari sebelum lebaran kita sudah tidak melayani motis dengan harapan di hari Selasa ini sudah sampai di tempat mudik semua. Sehingga sudah bisa berlebaran di tempat tujuan masing-masing," ucap Arif dalam konferensi pers Penyelenggaraan Angkutan Motor Gratis Masa Lebaran 2024, di Jakarta, Jumat (1/3/2024).

Baca juga: Kemenhub Kembali Gelar Program Mudik Gratis Lebaran 2024, Ini Rincian Tanggal dan Kuotanya

Terkait rutenya, terbagi dalam tiga lintasan yaitu Lintas Utara meliputi Cilegon – Jakarta Gudang – Cirebon Prujakan – Tegal – Pekalongan – Semarang Tawang. Adapun untuk kuotanya, sebanyak 530 penumpang/hari dan 232 Unit Motor/hari

"Di sini akan dilayani sehari hanya satu kali. Jadi untuk lintas utara ini sehari hanya ada satu layanan selama 7 hari dari tanggal 2 sampai dengan tanggal 8 April dan kemudian nanti baliknya juga sama 13 April sampai dengan 19 April hanya sehari sekali," ucapnya.

Kemudian Lintas Tengah yaitu Jakarta Gudang – Cirebonprujakan – Purwokerto – Kroya – Kutoarjo dengan total penumpang 1060/hari dan 464 unit motor/hari.

BERITA REKOMENDASI

"Di lintas Tengah. Lintas tengah itu kami melayani sehari dua kali, jadi ada dua kali perjalanan kereta dari Jakarta ke gudang, Cirebonprujakan, Purwokerto, Kroya, sampai dengan Kutoarjo," paparnya.

Sedangkan untuk Lintas Selatan yaitu Jakarta Gudang – Kiaracondong – Kroya – Gombong – Kebumen – Lempuyangan – Purwosari – Madiun dengan kuota penumpang sebanyak 424 dan 174 unit motor. Lintas ini hanya melayani rute perjalanan satu kali per hari.

"Nah, jangan lupa ini semua PP ya. Jadi ada yang dari Jakarta atau dari Barat ke Timur tapi juga pada hari itu juga ada yang dari Timur ke Barat atau contraflow," ungkapnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas