Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Ramadan, Ninja Xpress Perkuat Dukungan ke Pebisnis UKM Lewat Ekosistem Pengiriman

Bulan Ramadan mendatangkan peluang pasar bagi pebisnis UKM di Indonesia karena permintaan terhadap barang-barang consumable cenderung meningkat.

Penulis: Nitis Hawaroh
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Ramadan, Ninja Xpress Perkuat Dukungan ke Pebisnis UKM Lewat Ekosistem Pengiriman
Tribunnews/Ibel
Dari kiri ke kanan; Maulana Abdul Aziz brand owner dari Madu Herbal; Muhammad Fathi brand owner dari Royalflakes; Ribka Pratiwi, Head of PR Ninja Xpress. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nitis Hawaroh

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Bulan Ramadan mendatangkan peluang pasar menarik bagi para pebisnis UKM (Usaha Kecil Menengah) di Indonesia karena permintaan terhadap barang-barang consumable cenderung meningkat.

Itu sebabnya, banyak pebisnis UKM di berbagai bidang usaha mulai kuliner, pakaian dan lain-lain gencar memaksimalkan platform media sosial facebook, Instagram, hingga Whatsapp untuk memacu bisnis mereka.

Mendukung pebisnis UKM menangngkap peluang ini, Ninja Xpress menyediakan ekosistem yang terintegrasi untuk memaksimalkan penjualan mereka selama Ramadan.

Andi Djoewarsa, Chief Marketing Officer Ninja Xpress mengatakan, pihaknya memberikan solusi terpadu bagi UKM untuk memanfaatkan peluang pasar di bulan Ramadan melalui integrasi fasilitas Ninja Fulfillment, Kegiatan Aksilerasi, hingga foto dan video produk dengan tematik khusus Ramadan.

"Ekosistem pengiriman dan pemasaran ini bertujuan memberikan dukungan yang komprehensif bagi teman-teman UKM dalam mengatasi tantangan yang dihadapi selama bulan Ramadan, serta memanfaatkan peluang pertumbuhan yang ada," kata Andi di Konferensi Pers di Jakarta Selatan, Kamis (14/3/2024).

Andi mengatakan, dengan Ekosistem Pengiriman dan Pemasaran, Ninja Xpress memperkuat komitmennya dalam mendukung pertumbuhan UKM di Indonesia tidak hanya selama bulan Ramadan, tetapi untuk seterusnya.

BERITA TERKAIT

Ninja Xpress akan mempertemukan UKM dengan calon reseller bisnisnya. Hal lain yang dilakukan yaitu Ninja Xpress Photo dan video produk dengan tema spesial Ramadan untuk menarik lebih banyak calon pembeli.

Pebisnis UMK juga dihadapkan tantangan pergudangan karena naiknya volume penjualan sehingga harus punya persiapan matang dalam pergudangan dan pengiriman.

"Ninja Fulfillment dapat menjadi salah satu opsi yang dapat dipertimbangkan, yaitu sebagai tempat penyimpanan barangnya dan selama Ramadan, seluruh UKM Ninja Xpress dapat menikmati fasilitas 1 bulan storage gratis untuk Ninja Fulfillment," lanjut Andi.

Baca juga: Riset Ninja Xpress : UKM Bisa Maksimalkan Pendapatan Melalui Social Commerce

Tantangan lainnya dalam pengiriman seringkali mengakibatkan keterlambatan pengiriman barang.

Ninja Xpress hadir dengan solusi pengiriman tepat waktu yang terintegrasi dari penjemputan hingga pengiriman.

"Tantangan lainnya termasuk meningkatnya biaya promosi selama Ramadhan, Ninja Xpress bekerja sama dengan Sellercraft menawarkan solusi melalui layanan dengan memberikan promo satu bulan pemakaian agar shipper bisa mengatur penjualan dari berbagai platform dan cashback khusus selama bulan Ramadan," ungkapnya.

Baca juga: Lewat Creative Hub, Ninja Xpress Dorong Pelaku UMKM Kuasai Pasar Ekspor

Maulana Abdul Aziz, brand owner dari Madu Herbal, madu herbal sehat untuk keluarga Indonesia mengatakan, salah satu tantangan UKM yaitu dalam manajemen inventaris dan pengiriman produk.

"Salah satu tantangan yang kami hadapi adalah tempat penyimpanan yang harus ditambah saat permintaan bertambah," ujarnya.

Baca juga: Akademisi: Pelarangan Angkutan Logistik Saat Libur Keagamaan Jangan Dilakukan Mendadak

"Kami sangat mengapresiasi upaya Ninja Xpress dalam menyediakan solusi yang terintegrasi. Ini membantu kami mempersiapkan persediaan dan menjalankan bisnis kami dengan lebih efisien selama bulan Ramadan," ujar Maulana.

Selain itu, Muhammad Fathi brand owner dari Royalflakes, Superfood bubur instan dari umbi Garut menambahkan, UKM juga menghadapi tantangan dalam menjalin kemitraan strategis dengan penyedia layanan logistik yang dapat mendukung pertumbuhan bisnis mereka.

"Kami membutuhkan kemitraan yang solid dengan penyedia logistik yang dapat menyediakan layanan pengiriman yang cepat dan dapat diandalkan. Ninja Xpress memberikan solusi yang lengkap dan membantu kami dalam mencapai tujuan kami selama bulan Ramadan ini," tuturnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas