Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Akomodir Pemudik, Transjakarta Operasikan Bus Malam Hari ke Terminal Kalideres

Transjakarta menambah bus yang rutenya mengarah ke Terminal Kalideres, Jakarta Barat, untuk mengakomodir pemudik yang berangkat dari terminal ini.

Editor: Choirul Arifin
zoom-in Akomodir Pemudik, Transjakarta Operasikan Bus Malam Hari ke Terminal Kalideres
Tribunnews/Nuril Yatul
Sejumlah bus antarkota antarprovinsi (AKAP) berbagai jurusan menunggu penumpang di H-2 Idul Fitri 1445 Hijriah, Minggu, 8 April 2024. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Manajemen bus Transjakarta menambah bus yang rutenya mengarah ke Terminal Kalideres, Jakarta Barat, untuk mengakomodir pemudik yang akan merayakan Idul Fitri 1445 Hijriah dan berangkat menggunakan bus dari terminal ini.

Sejumlah pemudik banyak yang memanfaatkan kehadiran bus Transjakarta tujuan Terminal Kalideres sebagai kendaraan pengantar dari lokasi awal masing-masing.

"Transjakarta itu khususnya pada saat angkutan lebaran baik pada arus mudik maupun arus balik itu ditambah jumlah armadanya dan jam operasional kendaraan tersebut," kataKepala Terminal Kalideres Revi Zulkarnaen saat ditemui di lokasi, Minggu (7/4/2024).




"Itu karena yang regular sampai 00.00 WIB, nanti ditambah sama angkutan malam hari sampai pukul 05.00 WIB. Kemudian pukul 05.00 WIB dilanjutkan ke regular," imbuh dia.

Revi berujar, penambahan armada itu dilakukan untuk membantu pemudik yang sampai di Terminal Kalideres pada dini hari.

Layanan tersebut akan dibuka hingga 18 April 2024. "Untuk armada kalau saya info dari Transjakarta itu ada penambahan 15 unit. Dan rata-rata yang bus single," ungkap Revi.

Sebelumnya diberitakan, Kepala Terminal Kalideres, Revi Zulkarnaen membenarkan jika hari ini adalah puncak arus mudik di Terminal Kalideres.

Baca juga: Diangkut 10 Bus, Adira Finance Berangkatkan 500 Pemudik ke Jawa Barat dan Jawa Tengah

BERITA TERKAIT

Bus antar kota antar provinsi di Terminal Kalideres sedang menunggu penumpang mudik lebaran. (warta kota/nuril yatul)

Diprediksi, sekitar 7.000 pemudik berangkat menggunakan bus AKAP ke berbagai daerah, baik di Pulau Jawa maupun luar Jawa dari Terminal Kalideres.

"Penumpang yang berangkat sebanyak 1.347 orang (hingga pukul 11.30 WIB), untuk kemarin H-4 atau tepatnya 6 April 2024, itu penumpang yang diberangkatkan sebanyak 5.693 orang," kata Revi saat ditemui di lokasi, Minggu.

Baca juga: 124.000 Kendaraan Telah Lintasi Tol Cipali, Pemudik Banyak Berhenti di Bahu Jalan

"Diprediksi hari ini kemungkinan puncaknya. Diperkirakan hari ini bisa mencapai 7.000 lebih penumpang yang melakukan perjalanan," lanjutnya.

Menurut Revi, tujuan pemudik yang paling banyak berangkat dari Terminal Kalideres adalah Jawa Tengah, Padang, dan Palembang.

Lebih lanjut, Revi berujar jika tahun ini Terminal Kalideres mengalami peningkatan arus mudik yang cukup signifikan dibandingkan tahun sebelumnya.

Perbedaan jumlah pemudik yang berangkat mencapai 2.000 orang.

"Tahun ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan dibanding tahun sebelumnya, tahun sebelumnya itu puncak arus mudik lebaran terjadi pada H-3 sebanyak 5.455 orang, per-tahun ini diperkirakan akan terjadi pada H-3 bisa mencapai 7.000 orang," jelas Revi.

Untuk itu, dirinya mengimbau kepada pemudik agar lebih ketat mengawasi barang bawaannya serta tiba di terminal beberapa jam sebelum keberangkatan untuk menghindari keterlambatan dan penumpukkan penumpang.

Laporan reporter Nuri Yatul Hikmah | Sumber: Warta Kota

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas