Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Cegah Kecelakaan Fatal Km 58 Terulang, Barrier Jalur Contra Flow Akan Diperbaiki

Pemerintah akan mengevaluasi teknis pelaksanaan arus mudik Lebaran di masa datang dengan memperbaiki barrier pada jalur contra flow di jalan tol.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Cegah Kecelakaan Fatal Km 58 Terulang, Barrier Jalur Contra Flow Akan Diperbaiki
Tribunnews.com/Taufik Ismail
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy. 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah akan mengevaluasi teknis pelaksanaan arus mudik dan balik Lebaran di masa datang. Diantaranya dengan memperbaiki pembatas atau traffic barrier pada jalur contra flow di jalan tol pada pelaksanaan mudik tahun depan.

"Beberapa catatan, perbaikan barrier untuk contraflow. Tahun depan kita harapkan akan lebih bagus, sehingga kejadian di kilometer 58 itu bisa terhindarkan," kata Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy Jakarta, Senin (22/4/2024).

Meski bakal melakukan perbaikan fasilitas untuk mudik, Muhadjir mengatakan perilaku pemudik juga harus diperbaiki.

Perilaku pemudik, kata Muhadjir, menjadi penentu terjadinya kecelakaan saat arus mudik.

"Kalau perilaku pemudik itu tidak bisa dipertanggungjawabkan dan sembrono, maka apapun usaha kita untuk menjaga-jaga keselamatan tidak akan ada gunanya," tutur Muhadjir.

"Karena itu saya selalu ingatkan hindari betul kelelahan, kelebihan muatan, kemudian juga ngantuk atau micro sleeping itu sangat berbahaya karena baru merasa tertidur. Satu detik saja sudah bisa membahayakan keselamatan," kata Muhadjir.

BERITA TERKAIT

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI (Menko PMK) Muhadjir Effendy menemui Wakil Presiden RI (Wapres) Ma'ruf Amin di Kediaman Dinas Wapres, Rabu (17/4/2024).

Dalam pertemuan itu, Muhadjir menyatakan, dirinya melaporkan soal tugasnya sebagai Koordinator Penanganan Mudik Lebaran 2024 kepada Wapres Ma'ruf Amin.

Baca juga: ITRW Soroti Kecelakaan Maut Km 58 Tok Japek: Penggunaan Traffic Cone Tak Memadai untuk Contra Flow

Kepada Wapres, Muhadjir mengklaim kalau permasalahan pada mudik lebaran tahun ini cenderung lebih baik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

"Tadi saya laporkan bahwa mudik tahun ini berdasarkan hasil evaluasi sementara oleh kementerian dan lembaga yang terkait termasuk Polri dan TNI, penanganannya cukup baik, tapi tentu saja terserah nanti penilaian kepada masyarakat tapi dari kami," kata Muhadjir saat ditemui awak media di Kediaman Dinas Wapres, Jalan Diponegoro Nomor 2, Jakarta.

Baca juga: Contra Flow Disebut Masih Dibutuhkan di Tol, Menhub: Sama Pentingnya dengan One Way dan Ganjil Genap

Kata dia, secara internal, pemerintah telah melakukan evaluasi atas penanganan mudik tersebut. Menurut Muhadjir, jumlah kecelakaan pada momen mudik lebaran tahun ini cenderung mengalami penurunan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas