Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Produk Halal Indonesia Diminati Pasar Mesir, Kopi Hingga Minuman Cokelat

Produk-produk halal Indonesia makin diminati pasar Mesir terutama untuk komoditas kopi dan minuman cokelat.

Penulis: willy Widianto
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Produk Halal Indonesia Diminati Pasar Mesir, Kopi Hingga Minuman Cokelat
handout
BSI International Expo 2024di Hall B Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Produk-produk halal Indonesia makin diminati pasar Mesir terutama untuk komoditas kopi dan minuman cokelat seperti terlihat pada gelaran BSI International Expo 2024.

Mesir sebagai predikat pertama buyer yang membeli produk-produk unggulan Indonesia.

Atase Perdagangan KBRI Kairo, M. Syahran Bhakti S mengatakan beberapa produk yang diminati buyer Mesir  antara lain kopi dan minuman cokelat yang dibeli oleh buyer Delta Sweets Egypt dari UMKM Binaan PT Sarinah.

Kemudian produk herbal drink produksi Gundanesia Indonesia yang dibeli Delta Sweets, serta produk mete peanut dan Pohong Coffee produksi Sentra IKM Labuan Bajo yang diminati buyer Seagul Egypt.

Produk Tempeh Chips produksi Arva Indonesia diminati Seagul Egypt, begitu juga briket arang kelapa produksi PT Raga Plasma yang dibeli Egyptian Coconut Charcoal, serta transaksi biji kopi robusta antara Indra Brother Indonesia dengan Food Land Import & Export Egypt.

Group Head International & Financial Institution Group PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI), Anna Kristanty mengungkapkan apresiasi atas dukungan dari KBRI Mesir dan minat yang tinggi dari buyer Mesir terhadap produk Indonesia.

Dia bilang, buyer Mesir telah menempati peringkat pertama transaksi dengan buyer luar negeri dalam event Business Matching BSI International Expo 2024 ini.

BERITA TERKAIT

Duta Besar RI untuk Mesir Lutfi Rauf, mengharapkan bahwa fasilitas business matching yang digelar oleh Bank Syariah Indonesia(BSI) di International Expo ini dapat menjadi titik temu, membuka peluang bisnis, dan saling mengetahui minat para buyer potensial Mesir.

"Hal ini diharapkan dapat membantu para pelaku usaha UMKM memastikan produk yang dipesan sesuai dengan yang diharapkan," kata Dubes Lutfi.

Baca juga: Industri Otomotif China Dukung Indonesia Jadi Hub Produksi EV Setir Kanan untuk Pasar Ekspor

Dubes Lutfi menambahkan, upaya saling dukung antara para stakeholder di Indonesia sangat penting untuk memberikan kesempatan kepada para pelaku usaha Indonesia agar memiliki daya saing tinggi.

"Harapannya, kelak Indonesia dapat menjadi pusat industri halal global," ujarnya.

Direktur Utama PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI), Hery Gunardi berharap BSI International Expo tahun ini dapat menjadi dorongan besar bagi pertumbuhan ekonomi halal di Indonesia, sekaligus mempromosikan literasi dan inklusi ekonomi halal.

Baca juga: China, AS dan India Pasar Ekspor Utama Indonesia di Mei 2024

Acara yang digelar BSI di Hall B Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, telah mencatat potensi transaksi senilai 6,691,333 dolar AS atau sekitar Rp 110,25 miliar.

Business Matching merupakan salah satu agenda besar dari gelaran BSI International Expo 2024 yang merupakan pameran ekosistem keuangan syariah dan halal lifestyle.

Penyerahan predikat pertama yang diraih buyer dari Mesir dilakukan di acara penutupan BSI International Expo 2024.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas